Home > Ragam Berita > Internasional > Pemerintah Indonesia Kini Bisa Lacak dan Kembalikan Aset Kejahatan Yang Disimpan di Swiss

Pemerintah Indonesia Kini Bisa Lacak dan Kembalikan Aset Kejahatan Yang Disimpan di Swiss

Jakarta – Pemerintah Inddonesia melalui Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Hamonangan Laoly, baru saja menandatangani perjanjian bantuan hukum timbal balik (Mutual Legal Assistance-MLA) dengan Menteri Kehakiman Swiss, Karin Keller-Sutter di Bernerhof Bern, Swiss, pada Senin (4/2/2019).

Pemerintah Indonesia Kini Bisa Lacak dan Kembalikan Aset Kejahatan Yang Disimpan di Swiss

Dalam perjanjian yang terdiri dari 39 Pasal tersebut diantaranya mengatur soal bantuan hukum terkait pelacakan, pembekuan, penyitaan hingga perampasan aset hasil tindak kejahatan.

Menurut Yasonna, dengan ditandatanganinya perjanjian ini maka pemerintah dapat memerangi kejahatan di bidang perpajakan (tax fraud).

“Perjanjian ini merupakan bagian dari upaya Pemerintah Indonesia untuk memastikan warga negara atau badan hukum Indonesia mematuhi peraturan perpajakan Indonesia dan tidak melakukan kejahatan penggelapan pajak atau kejahatan perpajakan lainnya,” ujar Menkumham dalam siaran persnya, Selasa (5/2/2019).

Perjanjian ini juga menganut prinsip retroaktif sehingga memungkinkan pemerintah untuk memproses tindak pidana yang terjadi sebelum perjanjian ini ditandatangani, selama belum mendapatkan putusan pengadilan.

Perjanjian ini juga sejalan dengan program Nawacita yang selama ini digaungkan Presiden Jokowi. Salah satunya pada peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia tahun 2018 di mana Presiden Jokowi mengharapkan adanya perjanjian kerja sama hukum yang memungkinkan pengembalian aset hasil tindak pidana korupsi.

Untuk diketahui, perjanjian MLA dengan Swiss ini merupakan yang ke-10 bagi Indonesia. Sebelumnya telah dilakukan penandatanganan perjanjian dengan Asean, Australia, Hong Kong, RRC, Korsel, India, Vietnam, UEA, dan Iran.
(samsularifin – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Irma Suryani Heran Amien Rais Selalu Bicara Kasar Pada Jokowi

Irma Suryani Heran Amien Rais Selalu Bicara Kasar Pada Jokowi

Jakarta – Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin Irma Suryani Chaniago mengaku ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135