Home > Ragam Berita > Nasional > Ridwan Kamil Beri Instruksi Bupati Kabupaten Bandung Untuk Lakukan Tanggap Darurat Banjir

Ridwan Kamil Beri Instruksi Bupati Kabupaten Bandung Untuk Lakukan Tanggap Darurat Banjir

Jakarta – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil ikut berbela sungkawa atas musibah bencana Banjir Bandang yang terjadi di Kabupaten Bandung, tepatnya di Komplek Pasir Jatiendah, Dusun Pasir Jati RT 04/RW 06, Desa Jatiendah, Kecamatan Cilengkrang, Sabtu malam (9/2/2019) pukul 22.00 WIB.

Ridwan Kamil Beri Instruksi Bupati Kabupaten Bandung Untuk Lakukan Tanggap Darurat Banjir

Menurut Ridwan Kamil, ia telah meminta Bupati Kabupaten Bandung untuk melakukan tanggap darurat. Emil mengatakan, korban yang terkena sekitar 12 rumah. Ia berharap, mudah-mudahan tak ada kendala dalam evakuasi.

“Saya tadi malam sudah mendapat laporan itu kan di kabupaten jadi yang terdampak mayoritas ada di kabupaten dan sudah saya minta Pak bupati lewat BPBD-nya untuk tanggap darurat di sana,” ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil kepada wartawan di Gedung Pakuan, Ahad (10/2/2019).

“Ada tiga yang meninggal saya turut berdukacita dan prihatin dan kita ingin memastikan situasi kembali normal, dalam waktu dekat,” kata Emil seraya mengatakan Pemda tingkat II dan BPBD yang harus memastikan situasi tersebut kembali normal.

Emil juga telah mengingatkan kepada warga Jabar, agar di musim penghujan harus selalu menjaga kewaspadaan yang tinggi. Khususnya, mereka yang banyak di wilayah air yaitu sungai dan sebagainya.

“Karena kondisi seperti ini bisa kapan saja, baik siang ataupun malam jadi kewaspadaan itu pesan dari saya,” katanya.

Sedangkan untuk jangka panjangnya, lanjut Emil, memperbaiki kawasan hulu sebagai daerah tangkapan air itu bagian dari komitmen dirinya. Bahkan, ia pun memiliki program untuk mengkonversi lahan kebun menjadi kopi. Pemprov Jabar juga, memiliki lahan 12.000 hektare untuk penghutanan sebagai bagian untuk mengembalikan daerah tangkapan air.

“Kan jangka panjangnya untuk mengendalikan Citarum dan memperbaiki kawasan tangkapan air,” katanya.

Menurut Manajer Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Jawa Barat, Budi Budiman, pada Sabtu (9/2) Pukul 22.00 WIB telah terjadi kejadian Bencana Banjir Bandang di Kabupaten Bandung tepatnya di Komplek Pasir Jatiendah , Dusun Pasir Jati RT 04/RW 06, Desa Jatiendah Kecamatan Cilengkrang. Banjir ini, terjadi karena intensitas hujan deras. Sehingga sungai di kawasan Jatiendah meluap dan tak bisa menampung debit air.

Dampak yang ditimbulkan dari kejadian tersebut, kata dia, adalah sebanyak dua unit rumah rusak berat, 10 unit rumah rusak sedang, dan tiga orang meninggal dunia. Tiga warga yang meninggal dunia tersebut, adalah Firdasari (35 tahun), Nuraini (25 tahun), dan Rauvan (17 bulan).

Sedangkan korban luka, ada tiga orang. Yakni, Kiki (12 tahun, luka berat), Nisa (14 tahun, luka ringan), dan Ajay (45 tahun, luka ringan) Adapun, upaya yang telah dilakukan BPBD Jabar, kata dia, adalah sebagai BPBD Provinsi Jawa Barat berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Bandung, SAR dan tim aparat setempat menuju ke lokasi kejadian untuk mengevakuasi warga yang meninggal dunia dan luka luka.

“Kami, memberikan bantuan sementara untuk penanganan darurat dengan pacul, sekop, dan garpu. PUPR Kabupaten Bandung menuju lokasi dengan merunkan alat berat untuk membersihkan sisa-sisa lumpur,” katanya.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Sindir Kubu Prabowo, Erick Thohir : Quick Count Pilkada DKI Langsung Diakui

Sindir Kubu Prabowo, Erick Thohir : Quick Count Pilkada DKI Langsung Diakui

Jakarta – Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, Erick Thohir, mempertanyakan sikap kubu Prabowo-Sandi yang ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135