Home > Ragam Berita > Nasional > Gunung Anak Krakatau Kembali Tunjukkan Aktivitas

Gunung Anak Krakatau Kembali Tunjukkan Aktivitas

Jakarta – Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda, Lampung dilanda 61 kali gempa sepanjang Jumat 15 Februari 2019. Status gunung api setinggi 110 meter dari permukaan laut (mdpl) itu masih Siaga atau level III.

Gunung Anak Krakatau Kembali Tunjukkan Aktivitas

Berdasarkan rekaman seismograf milik Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian ESDM, Gunung Anak Krakatau kemarin digoyang 60 kali gempa vulkanik dalam dan satu kali gempa tremor.

“Tremor menerus dengan amplitudo 1-10 mm, dominan 2 mm,” tulis PVMBG pada Sabtu (16/2/2019).

Dari kemarin hingga pagi tadi, visual Gunung Anak Krakatau terlihat jelas hingga tertutup kabut. Asap kawah utama tidak teramati di atas puncak. Angin bertiup lemah ke arah barat laut dan timur.

Baca juga: Polri Belum Melakukan Penahanan Terhadap Joko Driyono

PVMBG meminta masyarakat atau wisatawan tidak mendekati area dalam radius 5 kilometer dari kawah Anak Krakatau.

Status Gunung Anak Krakatau masih siaga, belum naik ke awas. Gunung itu terakhir erupsi pada 14 Februari 2019. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Kunjungan di Kepulauan Seribu, Anies Tegur Ibu yang Salam 2 Jari

Kunjungan di Kepulauan Seribu, Anies Tegur Ibu yang Salam 2 Jari

Jakarta – Anies Baswedan berkesempatan untuk berkunjung ke Kepulauan Seribu. Dalam kunjungan tersebut, dia menyempatkan ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135