Jakarta – Dalam sesi pertama debat pilpres kali ini, pakar politik Yunarto Wijaya menilai Jokowi unggul secara teknis dari pada Prabowo.

Debat Capres, Pengamat Politik : "Prabowo Seperti Orasi"

Saat ditemui media, dirinya menuturkan bahwa “Babak satu secara teknis jelas Jokowi lebih unggul dari data pencapaian, sisi emosi juga. Cuma ada slip of tongue dan ada jeda 3 detik sewaktu bicara soal lingkungan hidup,”

“Prabowo menggunakan pendekatan searah seperti sedang menggunakan orasi. Pilihan kalimatnya tidak seperti penyampaian visi-misi, tapi bicara langsung kemandirian, kekayaan yang dikuasai asing, dan lain sebagainya,” kata Yunarto.

“Apakah pilihan tepat? Secara debat tidak tepat, tapi untuk membakar emosi pendukung cukup efektif. Jadi yang masih dipilih bahasa yang bombastis, dikotomi asing dengan Indonesia, jadi mirip gaya Prabowo selama ini,” kata Direktur Eksekutif Charta Politika ini.

“Jokowi kita lihat masuk dalam pembicaraan visi Indonesia maju langsung satu per satu yang jadi bahan pembicaraan. Jokowi menyadari incumbent dan strategi menyerang adalah pertahanan terbaik, sehingga di awal membuat benteng, sulit prabowo melakukan serangan-serangan,” ujarnya menganalisis.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)