Home > Ragam Berita > Nasional > Ada Yang Ragukan Jalan Desa Dibangun 191.600 km, Jokowi : Ukur Sendiri

Ada Yang Ragukan Jalan Desa Dibangun 191.600 km, Jokowi : Ukur Sendiri

Jakarta – Presiden Joko Widodo menyebutkan bahwa jalan desa sepanjang 191.600 km yang diramaikan di media sosial itu dibangun dalam masa 4 tahun terakhir ini.

Ada Yang Ragukan Jalan Desa Dibangun 191.600 km, Jokowi : Ukur Sendiri

“Kalau, ini kan kita sudah 4 tahun lebih banyak konsen ke infrastruktur. Catatan saya sampai akhir 2018 kemarin telah dibangun 191 ribu km jalan desa. Ada yang tanya nggak mungkin 191 ribu, itu panjang banget. Panjang gimana? Kalau itu dikerjakan 4 tahun untuk 74.900 desa artinya per desa hanya 600 meter,” kata Presiden Jokowi saat memberikan arahan pada Rapat Koordinasi Nasional Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Tahun 2019 di Ecovention Ocean Ecopark Ancol, Jakarta Utara, Rabu (20/2/2019).

Jokowi kemudian meminta pihak-pihak yang meragukan keberhasilan tersebut untuk mengukurnya sendiri.

“Setiap desa tidak hanya bangun jalan. Ada PAUD, pasar desa, dan lain-lain. Irigasi saja sudah diselesaikan 58 ribu unit irigasi, 8.900 pasar desa. 24.000 pasar desa. 1,1 juta meter jembatan. Artinya ini jadi barang. Kalau ada yang sangsikan 191 ribu km tidak mungkin, ya silakan ukur sendiri,” ucap Jokowi.

“Wong satu desa setahun 600 meter hanya 0,5 km kira-kira. Pendek banget,” lanjutnya.

Selain itu, ke depannya menurut Jokowi, pemerintah akan fokus kepada pemberdayaan ekonomi pedesaan, selain infrastruktur.

“Jadi sekali lagi fisik, infrastruktur sudah kita jalankan. Ke depan agak digeser sedikit ke pemberdayaan ekonomi desa. Apa itu, saya berikan contoh di Jateng di Desa Ponggok, Umbul Ponggok lalu dibuat desa wisata,” jelasnya.
(samsularifin – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Prabowo : "Saya Tidak Ingin Ada Rakyat Kelaparan"

Prabowo : “Saya Tidak Ingin Ada Rakyat Kelaparan”

Jakarta – Calon Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto menyebut tentang keamanan pangan bagi seluruh ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135