Home > Gaya Hidup > Tips > Pertolongan Awal Yang Wajib Diberikan untuk Penderita Diare

Pertolongan Awal Yang Wajib Diberikan untuk Penderita Diare

Jakarta – Pertolongan Awal Yang Wajib Diberikan untuk Penderita Diare. Diare sebenarnya adalah proses alami dari tubuh untuk mengeluarkan racun yang masuk ke sistem pencernaan. Penyebab diare sangat beragam. Mulai dari infeksi bakteri, makanan yang tercemar racun, salah minum obat, stress, dan lain-lain. diare akan sembuh tanpa diobati saat semua racun dikeluarkan.

Pertolongan Awal Yang Wajib Diberikan untuk Penderita Diare

Ciri-ciri orang yang mengalami diare antara lain rasa mulas di perut, tinja yang lembek atau cair, dan terjadi proses buang air besar (BAB) lebih sering dari keadaan normal. Penderitanya dapat BAB minimal 3 kali dalam 24 jam. Tak hanya itu, biasanya penderita cenderung merasa lemas akibat banyak cairan yang terbuang lewat BAB.

Meskipun dapat sembuh tanpa diobati, tetap harus dilakukan perawatan terhadap penderita diare. karena, jumlah cairan tubuh yang terbuang terbilang banyak. Apabila penderita tidak mau makan atau minum, bahkan mengalami muntah karena tingginya asam lambung bias dipastikan penderita semakin lemas karena banyak cairan tubuh yang terbuang.

Dilansir laman Detik, pertolongan pertama untuk penderita diare sebaiknya adalah berikan banyak minum untuk mengembalikan cairan tubuh. Minimal berikan sekitar 60 mL setiap dua jam sekali, bisa ditambah dengan oralit agar tidak mengalami dehidrasi.

Diare yang berlangsung lebih dari 1-2 hari, disertai dengan penurunan jumlah air seni dan frekuensi kencing itu merupakan tanda awal dehidrasi, segera saja periksakan penderita ke rumah sakit. Selama masih diare, konsumsi makanan lembut dan hindari makanan padat agar pencernaan tidak bekerja terlalu berat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tips Mengatasi Rambut Rontok dengan Teh Hijau

Wow, Teh Hijau Ternyata Bisa Atasi Rambut Rontok

Jakarta – Salah satu masalah rambut yang paling sering dikeluhkan oleh kaum dara adalah rambut ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135