Home > Ragam Berita > Nasional > Komnas HAM Usul Polemik Wiranto dan Kivlan Zen Diselesaikan Lewat Penegakan Hukum

Komnas HAM Usul Polemik Wiranto dan Kivlan Zen Diselesaikan Lewat Penegakan Hukum

Jakarta – Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Choirul Anam mengusulkan polemik antara Menko Polhukam Wiranto dan Mayor Jenderal (Purn) Kivlan Zen soal dalang kerusuhan pada 1998 diselesaikan melalui mekanisme penegakan hukum.

Komnas HAM Usul Polemik Wiranto dan Kivlan Zen Diselesaikan Lewat Penegakan Hukum

Mengingat kasus kekerasan yang terjadi pada 1998 seperti kasus Mei 1998, Trisakti, Semanggi I dan Semanggi II telah dinyatakan sebagai pelanggaran berat HAM oleh Komnas HAM.

“Perdebatan Pak Wiranto dan pak Kivlan Zen mengenai apa yang terjadi pada 1998, baik terkait kasus Mei 98 ataupun Trisakti Semanggi I dan II, siapa yang bertanggungjawab, lebih baik diletakkan dalam narasi penegakan hukum,” ujar Anam pada Rabu (27/2/2019).

“Hal ini juga menyangkut bahwa kasus-kasus tersebut telah dinyatakan sebagai kasus pelanggaran HAM yang berat oleh Komnas HAM, dan berkas perkaranya sudah ada di Jaksa Agung sejak beberapa tahun yang lalu,” kata dia.

Baca juga: Mahfud MD Temui Pimpinan KPK, Apa Saja yang Dibahas ?

Menurut Anam ada beberapa mekanisme penegakan hukum yang dapat ditempuh. Pertama, Wiranto dan Kivlan dapat menemui Jaksa Agung untuk memberikan keterangan serta kesaksian.

Kedua, memberikan keterangan kepada Komnas HAM, meski pada akhirnya keterangan tersebut tetap akan dikirimkan kepada Jaksa Agung sebagai penyidik kasus pelanggaran berat HAM. (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Real Count KPU 4,7 Persen, Jokowi-Ma’ruf Masih Ungguli Prabowo-Sandi

Jakarta – Dalam perkembangan terbaru penghitungan suara oleh KPU, sore tadi Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135