Home > Travel & Kuliner > Wisata > Beberapa Destinasi Wisata Ini Punya Kepercayaan tentang Cinta

Beberapa Destinasi Wisata Ini Punya Kepercayaan tentang Cinta

Jakarta – Keberagaman budaya yang dimiliki Indonesia secara tidak langsung menghasilkan kepercayaan-kepercayaan tersendiri yang berkembang di tengah masyarakat. Salah satunya menyangkut mitos-mitos di objek wisata.

Beberapa Destinasi Wisata Ini Punya Kepercayaan tentang Cinta

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memang memiliki segudang destinasi wisata dengan keunikannya masing-masing. Namun ternyata, beberapa di antaranya juga diselimuti mitos-mitos menarik seputar percintaan. Seperti mitos pohon cinta di Pulau Kemaro, Palembang.

Konon, pasangan yang menuliskan nama mereka di batang pohon tersebut, hubungannyan akan awet hingga maut memisahkan. Percaya atau tidak, berikut ulasan lengkapnya.

Tanjakan Cinta, Gunung Semeru
Mendengar namanya saja pasti sudah bikin penasaran. Tanjakan Cinta merupakan jalur pendakian di Gunung Semeru yang bisa Anda jumpai setelah melewati Pos Ranu Kumbolo menuju arah Oro-Oro Ombo. Di tempat ini, terdapat hamparan padang rumput eksotis berlatarkan Danau Ranu Kumbolo yang akan memanjakan mata Anda. Tapi jangan salah, asal usul tanjakan ini ternyata tidak terlepas dari sebuah kisah tragis yang dialami oleh sepasang pendaki.

Diceritakan bahwa kala itu sang pendaki pria terlalu asyik mendaki hingga tidak sadar telah mendahului pasangannya. Padahal, si wanita sedang keletihan hingga akhirnya terjatuh dan tewas di Tanjakan Cinta. Lalu beredarlah sebuah mitos yang menyebutkan, setiap pendaki pria harus fokus berjalan sambil memikirkan pasangannya, namun ia tidak boleh menoleh ke belakang. Jika hal tersebut dilakukan, konon hubungan mereka akan berakhir.

Candi Prambanan, Yogyakarta
Sudah menjadi rahasia umum bahwa kompleks Candi Prambanan di Sleman, Yogyakarta, seringkali dikaitkan dengan dongeng Roro Jonggrang. Dongeng ini menceritakan tentang sang putri Roro Jonggrang yang dikutuk jadi arca oleh Bandung Bondowoso. Ia terpaksa dikutuk karena melarikan diri setelah memerintahkan Bandung Bondowoso, seorang pangeran yang ingin menikahinya, untuk membangun seribu candi. Dari dongen tersebut kemudian bermunculan mitos-mitos seputar percintaan.

Konon, setiap pasangan yang datang ke Candi Prambanan, hubungan mereka akan kandas di tengah jalan. Tapi Okezoners tidak perlu khawatir. Setelah ditelusuri sejarahnya, terungkap bahwa misteri dan mitos tentang Roro Jonggrang itu tidak benar. Arca yang terdapat pada Candi Prambanan rupanya merupakan perwujudan dari Dewi Durga yang menjadi salah satu sosok yang disembah oleh umat Hindu.

Pulau Kemaro, Palembang
Pulau Kemaro merupakan salah satu objek wisata andalan Kota Palembang. Letaknya tepat di tengah Sungai Musi. Objek wisata ini ternyata memiliki berbagai mitos menarik yang menjadi daya tarik utama. Salah satunya adalah mitos pohon cinta. Konon, siapa saja yang menulis nama pasangannya di pohon tersebut akan memiliki cinta yang abadi.

Namun sayang, menurut pengakuan penduduk setempat, mitos tersebut hanya akal-akalan para pemandu wisata dan wisatawan dari luar daerah. Bahkan, pihak pengelola Pulau Kemaro telah memasang pagar di sekitar pohon agar tidak ada lagi pengunjung yang nekat menuliskan namanya di batang pohon.
(Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Bukit Tuamese, Salah Satu Destinasi Eksotik di NTT

Bukit Tuamese, Salah Satu Destinasi Eksotik di NTT

Tuamase – Nusa Tenggara Timur (NTT) dikenal sebagai salah satu destinasi yang eksotik. Salah satu ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135