Catalunya – Pembalap Scuderia Ferrari, Charles Leclerc, menyebut hanya timnya yang menampilkan performa terbaik kala mentas di tes pramusim Formula One (F1) Barcelona 2019, pada 18-21 Februari 2019. Menurutnya dua pesaing Ferrari, yakni Mercedes dan Red Bull masih menahan kemampuan terbaiknya di tes pramusim tersebut.

Leclerc Akui Timnya Hanya Tunjukkan Performa Apik saat Tes Pramusim

Charles Leclerc

Apa yang dilakukan Mercedes dan Red Bull memang kerap terjadi di tes pramusim atau ketika musim belum berlangsung. Menyembunyikan performa asli sebelum musim berlangsung itu disebut sebagai sandbagging dan hal tersebut adalah hal yang lumrah.

Akan tetapi Leclerc merasa sedikit kecewa karena Mercedes dan Red Bull melakukan hal tersebut. Padahal Ferrari sudah menampilkan performa terbaiknya meski tak terlalu maksimal pada sesi tes pramusim yang berlangsung di Sirkuit Catalunya itu.

“Selama testing (di tes pramusim F1 Barcelona 2019) performa sungguh tidak relevan. Karena mereka (Mercedes dan Red Bull) tidak menampilkan hasil yang maksimal. Begitu juga kami,” ujar Leclerc sebagaimana diberitakan Motorsport pada Sabtu (23/2/2019).

“Kami tidak tahu seberapa banyak mereka melakukan sandbagging. Jadi, kami hanya bisa melihatnya di balapan seri pertama. Hal yang terpenting adalah selama testing kami mampu menyelesaikan program dan itu yang kami lakukan tiap harinya. Jadi kami sangat gembira dengan hasil tes ini” tambah pembalap anyar Ferrari tersebut.

Meski Leclerc mampu mendominasi hasil kecepatan waktu di tes hari pertama dan kedua, nyatanya Ferrari justru kalah di tes terakhir Barcelona tersebut. Leclerc dan rekan setimnya Sebastian Vettel, berada di bawah catatan waktu dua pembalap Mercedes dan dua driver Renault. (Tita Yanuantari – harianindo.com)