Home > Gaya Hidup > Tips > Tips Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Tips Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Jakarta – Susah makannya si kecil pasti menjadi masalah tersendiri bagi orangtua. Padahal, makanan merupakan salah satu asupan nutrisi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak.

Tips Meningkatkan Nafsu Makan Anak

Padahal, makanan yang cukup adalah salah satu asupan nutrisi yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Psikolog anak dan keluarga Anna Surti Ariani, S.Pisi, M.Psi membagi tips bagi Anda agar sang buah hati bersemangat untuk makan.

Seperti dilansir dari metrotvnews.com, Sabtu (3/9/2016), yang pertama adalah mengenalkan nak pada buah dan sayur. Ketika anak telah mempelajari makanan tersebut, maka ia akan bersemangat ketika apa yang dipelajari ternyata muncul di piring mereka.

Kedua, ceritakan dongeng dengan tokoh buah dan sayur. Hal itu akan membuat imajinasi anak berkembang dan merasa akrab dengan buah dan sayur sehingga tak sulit untk memakannya.

Ketiga, buatlah anak menjadi lapar. Terapkan jadwal makan pada anak sejak dini. Dengan sistem metabolisme anak akan terbentuk dan secara otomatis akan merasa lapar menjelang jam makan siang. Selain itu, biarkan anak banyak melakukan aktivitas agar banyak energi yang terpakai sehingga merasa lapar.

“Mengajak anak untuk ikut memasak juga biaa dilakukan agar mereka beremangat menyantap.makanan yang sibuat. Biarkan mereka melakukan hal yang ringan saja,” ujarnya dalam konfrensi pers PAUD Healthy Eating Habit Program oleh Sarihusada, di Jakarta.

Peralatan makan yang lucu serta cara menata makanan secara unik juga membuat anak menjadi bersemangat untuk makan karena tertarik dengan tampilan yang tampak menggoda.

Yang terakhir, lakukan teknik psikologi pada anak dengan cara sederhana, misalnya dengan mengingatkan. Dengan melakukan hal tersebut, tak perlu lagi ada kompromi atau tindakan rewel dari anak karena orangtua sudah mengingatkan sebelumnya sehingga anak pun tak bisa mengelak.

“Orangtua memberikan waktu pada anak agar bisa melakukan apa yang dimau namun tetap mengingatkan, di sini ketegasan memang diperlukan,” turupnya. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Inilah Beberapa Tip untuk Menghilangkan Stres

Inilah Beberapa Tip untuk Menghilangkan Stres

Jakarta – Stress merupakan suatu gangguan mental seseorang yang memiliki banyak tekanan eksternal maupun internal. ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 409

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135