Home > Ragam Berita > Nasional > Jokowi-Ma’ruf Unggul 20 Persen Lebih, Peneliti LSi Anggap Pilpres 2019 Sudah Selesai

Jokowi-Ma’ruf Unggul 20 Persen Lebih, Peneliti LSi Anggap Pilpres 2019 Sudah Selesai

Jakarta – LSI Denny JA kali ini berikan statement menarik dimana mereka menilai pertarungan Pilpres sejatinya sudah “selesai” dan diketahui pemenangnya. Hal itu dlihat dari analisis tren elektabilitas kedua pasangan capres-cawapres enam bulan terakhir.

Jokowi-Ma'ruf Unggul 20 Persen Lebih, Peneliti LSi Anggap Pilpres 2019 Sudah Selesai

Saat ditemui di pemaparan survei nasional terbari, Ardian Sopa menuturkan bahwa “Jika dilihat dari tren atau analisis tren, mohon maaf pertarungan sudah ‘selesai’,”

Seperti data yang dipaparkan, dalam survei LSI Denny JA sejak Agustus hingga Februari 2019, elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Amin selalu lebih unggul di atas 20 persen dibandingkan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Dalam survei terbaru LSI yang dilakukan 18-25 Februari 2019, dengan metode multistage random sampling terhadap 1.200 responden dengan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner dan margin of error survei plus minus 2,9 persen, Jokowi-Maruf tetap unggul 20 persen lebih suara dibandingkan Prabowo-Sandi.

Berdasarkan survei yang dilakukan dengan simulasi kertas suara itu, diketahui elektabilitas Jokowi-Ma’ruf sebesar 58,7 persen, Prabowo-Sandi 30,9 persen, sedangkan responden tidak menjawab sebesar 9,9 persen dan sisanya terdapat 0,5 persen suara tidak sah, karena salah mencoblos surat suara atau mencoblos dua kali.

“Politik bisa sangat dinamis. Dan hasil akhir terkait siapa yang menang dan siapa yang kalah kita menunggu hasil penghitungan KPU pusat nanti,” tutur Ardian.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Fadli Zon : "Prabowo Jarang Nyanyi, Sukanya Joget"

Fadli Zon : “Prabowo Jarang Nyanyi, Sukanya Joget”

Jakarta – BPN Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akhirnya memberikan klarifikasi terkait Prabowo Subianto yang menolak bernyanyi ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135