Home > Ragam Berita > Nasional > Survey Kompas : Hampir Separuh Pemilih Golkar Dukung Prabowo

Survey Kompas : Hampir Separuh Pemilih Golkar Dukung Prabowo

Jakarta – Hasil survei yang dirilis Litbang Kompas memperlihatkan fakta menarik dimana loyalitas pemilih partai politik kepada calon presiden yang didukung parpol itu. Hasilnya, tidak semuanya loyal.

Survey Kompas : Hampir Separuh Pemilih Golkar Dukung Prabowo

Dalam proses Pilpres kali ini, Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019 didukung oleh PDIP, Golkar, PKB, PPP, NasDem, Hanura, PKPI, PBB, Perindo, dan PSI. Sementara pendukung Prabowo Subianto adalah Gerindra, PKS, Demokrat, PAN, dan Berkarya.

Kebanyakan dari pemilih parpol ini ternyata setuju dengan capres yang diusung parpolnya. Seperti terlihat pada 95% pemilih PDIP yang mendukung Jokowi dan hanya 3% yang mendukung Prabowo. Hal yang sama terjadi pada pemilih Gerindra. Sebanyak 92,4% pemilih Gerindra mendukung Prabowo dan hanya 6,2% yang memilih Jokowi.

Tetapi, masih ada pula pemilih parpol yang mendukung capres lawan, seperti 41,7% pemilih Golkar yang ternyata memilih Prabowo hingga 35,1% pemilih PAN yang memberi dukungan ke Prabowo dan 31,5% pemilih Partai Demokrat yang ternyata mendukung Jokowi.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)

x

Check Also

Jokowi Lega Pemilu 2019 Berjalan Lancar

Jokowi Lega Pemilu 2019 Berjalan Lancar

Jakarta – Calon Presiden nomor urut 01 Joko Widodo lega Pemilu Serentak 2019 berjalan lancar ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135