Home > Ragam Berita > Nasional > MUI Bakal Mengkaji Game PUBG Perlu Dikeluarkan Fatwa Haram atau Tidak

MUI Bakal Mengkaji Game PUBG Perlu Dikeluarkan Fatwa Haram atau Tidak

Jakarta – Pihak Majelis Ulama Indonesia (MUI) berencana untuk segera mengkaji, apakah perlu game PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG) dikeluarkan fatwa haram atau tidak. Pasalnya, MUI sendiri menilai game ini juga telah menimbulkan kemudaratan.

MUI Bakal Mengkaji Game PUBG Perlu Dikeluarkan Fatwa Haram atau Tidak

Zainut Tauhid Sa’adi selaku Wakil Ketua Umum MUI Pusat, menjelaskan jika hingga saat ini masih belum ada pihak yang mengajukan permohonan fatwa terkait dengan game PUBG. Jadi, MUI belum bisa mengagendakan hal ini untuk menjadi masalah yang harus dibahas dalam komisi fatwa.

Meskipun begitu, terang Zainut, tak berarti masalah ini diabaikan oleh MUI. MUI terus mempertimbangkan segera melakukan pembahasan lantaran game ini telah menimbulkan mudarat.

“Karena game PUBG ini sudah menjadi fenomena masyarakat, bahkan akibat dari game tersebut sudah menimbulkan mudarat, maka MUI akan segera menugaskan komisi penelitian dan pengkajian bersama-sama dengan komisi fatwa untuk melakukan pengkajian terhadap masalah tersebut,” kata Zainut kepada wartawan, Kamis (21/3/2019).

Zainut menambahkan MUI Pusat mengapresiasi MUI Provinsi Jawa Barat yang sudah berencana membahas dan menetapkan fatwa game PUBG. Nanti hasilnya akan dijadikan referensi bagi MUI Pusat.

“Terhadap MUI Provinsi Jawa Barat yang sudah ada rencana membahas dan menetapkan fatwa game PUBG, MUI Pusat memberikan apresiasi dan berharap hasilnya nanti diinformasikan terlebih dahulu ke MUI Pusat untuk dijadikan sebagai referensi dalam penetapan fatwa,” ujarnya.

Game PUBG sendiri, saat ini sedang menjadi sorotan global lantaran aksi penembakan brutal di New Zealand yang menewaskan 50 orang pada 15 Maret 2019. Senjata yang digunakan pelaku disebut-sebut mirip item di game PUBG.

Disamping itu, wilayah di India telah melarang anak dan remaja bermain PUBG karena dinilai mengandung aksi kekerasan serta berpengaruh bagi anak muda. Bahkan kepolisian di wilayah tersebut mengancam hukuman penjara bagi yang kedapatan bermain game tersebut.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Mahasiswi Cantik Ini Bersedia Jadi Istri Keduanya, Apa Jawab Sandiaga Uno?

Mahasiswi Cantik Ini Bersedia Jadi Istri Keduanya, Apa Jawab Sandiaga Uno?

Jakarta – Calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno, dibuat terkejut dengan pernyataan blak-blakan ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135