Home > Gaya Hidup > Tips > 5 Tips Menjaga Kebersihan Talenan Kayu

5 Tips Menjaga Kebersihan Talenan Kayu

Jakarta – Talenan kayu adalah alat wajib yang paling dibutuhkan di dapur. Sayang beberapa orang tidak peduli dengan kebersihannya. Padahal, kebersihan dari talenan kayu bisa mempengaruhi kualitas makanan yang Anda buat.

5 Tips Menjaga Kebersihan Talenan Kayu

Berikut Harian Indo hadirkan tips menjaga kebersihan talenan kayu:

Bilas dengan Air Setelah Memakainya
Setelah selesai menggunakan talenan segera bilas dengan air hingga bersih. Kayu memiliki permukaan berpori yang bisa menyerap air. Sebaiknya jangan merendamnya terlalu lama karena bisa mengubah bentuk talenan dan membuatnya rapuh.

Gunakan Hidrogen Peroksida
Dengan menggunakan spons bersih, sapukan hidrogen peroksida ke permukaan kayu. Diamkan beberapa menit, lalu lap hingga bersih. Setelah yakin permukaan talenan sudah bersih sempurna, bilas dengan air dan keringkan.

Hilangkan Noda dengan Garam Kasar atau Baking Soda
Keringkan talenan, lalu taburi permukaannya dengan garam kasar atau baking soda. Gosok permukaannya dengan menggunakan spons yang sudah direndam dengan air panas. Ulangi hingga noda hilang sempurna.

Hilangkan Bau dengan Cuka
Siapkan botol spray yang sudah diisi dengan cuka. Semprotkan ke permukaan talenan untuk menghilangkan bau. Selain itu, cuka ini bisa berfungsi sebagai disinfektan alami.

Hilangkan Bau Amis dengan Pemutih
Campurkan 1 sdm pemutih dengan 900 cc air. Basahi talenan dengan larutan pemutih ini. Diamkan beberapa menit lalu bilas dengan air panas. Cara ini dipercaya bisa menghilangkan bau amis ikan atau daging. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

3 Tips Agar Bibir Tidak Kering Saat Menggunakan Lipstik Matte

3 Tips Agar Bibir Tidak Kering Saat Menggunakan Lipstik Matte

Jakarta – Lipstik dengan jenis matte saat ini memang tengah digandrungi banyak wanita. Kebanyakan wanita ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135