Home > Gaya Hidup > Tips > Tips Membuat Anak Lebih Cepat Berbicara

Tips Membuat Anak Lebih Cepat Berbicara

Jakarta – Normalnya, seorang anak sudah dapat berbicara ketika dirinya menginjak usia 24 bulan.

Tips Membuat Anak Lebih Cepat Berbicara

“Penyebab anak jadi terlambat bicara atau jarang bicara ada banyak. Namun, hal tersebut masih bisa diatasi selama anak masih dalam masa pertumbuhan,” ujar DR. Dr. Ahmad Suryawan, SpA(K), Konsultan Tumbuh Kembang Anak:

1. Banyak bicara
Sebagai orang terdekat, orangtua sebaiknya merangsang anak dengan terus mengajaknya berbicara. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara banyak berkomentar tentang anak, misalnya memuji, atau mengajak anak mengobrol seperti biasa.

2. Gunakan satu bahasa
Jangan menggunakan beberapa bahasa sekaligus saat berbicara pada anak. Sebab, hal tersebut akan membuat anak bingung dalam mencerna maksud dari perkataan Anda. Anak pun akan kesulitan dalam memberi respons.

3. Kurangi penggunaan gadget
Jangan biarkan anak menggunakan gadget untuk jangka waktu lama. Selama masa pertumbuhan, anak harus lebih banyak berinteraksi secara langsung daripada hanya menatap layar yang tidak membuatnya aktif berbicara. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

3 Tips Agar Bibir Tidak Kering Saat Menggunakan Lipstik Matte

3 Tips Agar Bibir Tidak Kering Saat Menggunakan Lipstik Matte

Jakarta – Lipstik dengan jenis matte saat ini memang tengah digandrungi banyak wanita. Kebanyakan wanita ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135