Home > Ragam Berita > Nasional > MUI Imbau Masyarakat Gunakan Hak Pilihnya Dalam Pemilu 2019

MUI Imbau Masyarakat Gunakan Hak Pilihnya Dalam Pemilu 2019

Jakarta – Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2019. Pasalnya, secara agama, menyalurkan hak pilih hukumnya wajib.

MUI Imbau Masyarakat Gunakan Hak Pilihnya Dalam Pemilu 2019

“Tidak boleh golput, dalam agama tidak boleh. Golput haram” kata Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional MUI Pusat, Muhyiddin Junaidi, di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Senin (25/3/2019).

Menurut dia, setiap negara harus memiliki pemimpin. Untuk itu, partisipasi masyarakat diperlukan demi menentukan pemimpin yang terbaik. “Kalau kita tidak menggunakan hak pilih kita, kalau terjadi chaos, kesalahan Anda,” ucap dia.

Dia menjelaskan selama ini tidak ada pemimpin yang sempurna. Hal itu juga dialami semua negara maju, seperti Amerika Serikat, Tiongkok, serta Rusia. Alhasil, masyarakat harus berpartisipasi memilih calon pemimpin yang dianggap terbaik.

“Enggak ada yang 100 persen. Jadi kita harus siap,” ujarnya.

Di sisi lain, dia meminta masyarakat menggunakan momen pemilu ini sebagai sarana mendewasakan diri dan berpikir dengan akal sehat. Dia tak ingin pemilu menimbulkan konflik antarmasyarakat.

“Ya berbeda pilihan adalah sunatullah tapi jangan sampai berbeda pilihan, bangsa ini jadi terpecah belah,” ujar dia.

Dia juga mengingatkan agar masyarakat dan peserta pemilu harus siap kalah dan menang. Itu merupakan salah satu sikap dewasa dalam berdemokrasi. Menurut dia, Indonesia sebagai negara terbesar ke-4 berdemokrasi, akan malu bila pemilu menimbulkan perpecahan.

Baca juga: MUI Lakukan Kajian Akademik Dalam Proses Pembahasan RUU PKS

“Jadi kalau gara-gara pilpres kita berkelahi kayaknya malu, menampar muka bangsa Indonesia khusunya umat Islam. Nanti akan ditertawakan, katanya negara muslim terbesar, tapi gara-gara berbeda pilihan ribut, ya itu kasihan,” tutur dia.

MUI pun mendoakan agar Pemilu 2019 yang akan berlangsung serentak ini berjalan lancar dan tidak ada keributan. “Siap kalah, siap menang.” (Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Wiranto Imbau Pengurus Hanura Tidak Saling Menyalahkan

Wiranto Imbau Pengurus Hanura Tidak Saling Menyalahkan

Jakarta – Ketua Dewan Pembina Partai Hanura Wiranto menegaskan gagalnya partai yang dibangunnya itu menembus ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135