Home > Ragam Berita > Nasional > Muhammadiyah Telah Tetapkan Ramadan dan Lebaran

Muhammadiyah Telah Tetapkan Ramadan dan Lebaran

Jakarta – Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah maklumat tentang penetapan awal puasa Ramadhan dan lebaran. Dalam maklumat itu, 1 Ramadhan jatuh pada 6 Mei 2019 dan lebaran 5 Juni 2019.

Muhammadiyah Telah Tetapkan Ramadan dan Lebaran

Muhammadiyah

Sebagaimana diberitakan website Muhammadiyah, Senin (25/3/2019), maklumat itu itu tertulis dalam nomor 01/MLM/I.0/E/2019 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijjah 1440 Hijriah.

“1 Syawal 1440 H jatuh pada hari Rabu Legi, 5 Juni 2019 M,” dikutip dari maklumat itu.

Penetapan itu berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah. Dengan metode hisab memungkinkan masyarakat tahu sejak dini awal bulan dalam Islam.

Metode hisab berbeda dengan metode;yatul hilal yang digunakan pemerintah, yaitu secara manual mengamati langsung penampakan awal bulan menggunakan teleskop di beberapa titik di Indonesia.

Baca juga: MUI Imbau Masyarakat Gunakan Hak Pilihnya Dalam Pemilu 2019

Masih dalam maklumat itu, lebaran atau 1 Syawal 1440 jatuh pada Rabu, 5 Juni 2019. Kemudian Hari Arafah jatuh pada hari Sabtu, 10 Agustus 2019, dan Idul Adha pada Minggu, 11 Agustus 2019.

Maklumat itu ditandatangani Ketua Umum Haedar Nashir dan Sekretaris Agung Danarto. (Tita Yanuantari –www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ma'ruf Amin Ingin Menang Dengan Selisih 30 Persen

Ma’ruf Amin Ingin Menang Dengan Selisih 30 Persen

Jakarta – Ma’ruf Amin ikut berkomentar terkait keunggulan dirinya bersama Jokowi dihasil survei Center for ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135