Home > Ragam Berita > Nasional > Kurniawan Eddy Tjokro Menyerahkan Diri ke KPK

Kurniawan Eddy Tjokro Menyerahkan Diri ke KPK

Jakarta – Salah satu tersangka kasus dugaan suap pengadaan barang dan jasa di PT Krakatau Steel, Kurniawan Eddy Tjokro (KET) menyerahkan diri ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Kurniawan sebelumnya buron saat penyidik KPK menangkap tiga tersangka lainnya.

Kurniawan Eddy Tjokro Menyerahkan Diri ke KPK

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengatakan Kurniawan datang ke KPK bersama kuasa hukumnya pada Selasa, 26 Maret 2019 sekitar pukul 10.30 WIB. Saat ini, penyidik tengah memeriksa secara intensif Kurniawan.

“Saat ini KPK sedang melakukan pemeriksaan secara intensif terhadap tersangka KET yang saat OTT belum dibawa bersama yang lain,” kata Febri saat dikonfirmasi di Jakarta pada Selasa (26/3/2019).

KPK, lanjut Febri, menghargai iktikad baik Kurniawan sebagai bentuk sikap kooperatif dengan proses hukum. Febri berharap, Kurniawan dapat terbuka menjelaskan fakta-fakta yang ada terkait kasus ini.

“Semoga yang bersangkutan juga terbuka menjelaskan fakta-fakta yang ada secara jujur,” tutur dia.

KPK sebelumnya menetapkan empat tersangka dalam kasus proyek pengadaan kontainer dan boiler di pabrik blast furnace Krakatau Steel, Cilegon, Banten. Selain Kurniawan, KPK juga menetapkan Kenneth Sutardja (KSU) sebagai tersangka, keduanya diduga sebagai pemberi suap. Kemudian, Direktur Teknologi dan Produksi Krakatau Steel Wisnu Kuncoro (WNU) dan Alexander Muskitta (AMU) dari swasta sebagai penerima suap.

Baca juga: KPK Imbau Krakatau Steel Segera Lakukan Perbaikan

Ihwal suap ini terjadi pada 2019, saat Direktorat Teknologi dan Produksi Krakatau Steel merencanakan kebutuhan barang dan peralatan, masing-masing bernilai Rp24 miliar dan Rp2,4 miliar. AMU diduga menawarkan beberapa rekanan untuk melaksanakan pekerjaan tersebut kepada WNU dan disetujui.

AMU menyepakati commitment fee dengan rekanan yang disetujui untuk ditunjuk, yakni PT Grand Kartech dan Group Tjokro senilai 10 persen dari nilai kontrak. AMU diduga bertindak mewakili dan atas nama WNU sebagai Direktur Teknologi dan Produksi Krakatau Steel.

x

Check Also

Soal Jabatan Sandiaga, Fadli Zon : "Dia Wakil Presiden, Kok Jadi Wagub"

Soal Jabatan Sandiaga, Fadli Zon : “Dia Wakil Presiden, Kok Jadi Wagub”

Jakarta – Fadli Zon ikut komentari isu mengenai Sandiaga Uno yang akan kembali menjabat sebagai ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 409

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135