Home > Ragam Berita > Internasional > Rusia Tegaskan Tidak Akan Tarik Pasukan dari Venezuela

Rusia Tegaskan Tidak Akan Tarik Pasukan dari Venezuela

Moskow – Pemerintah Rusia menolak permintaan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, untuk menarik pasukan dari Venezuela.

Rusia Tegaskan Tidak Akan Tarik Pasukan dari Venezuela

Ini terkait pengiriman sekitar seratus anggota pasukan khusus Rusia ke Venezuela, yang tiba pada Sabtu pekan lalu. Pasukan ini didukung kargo peralatan sebanyak 35 ton.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri, Maria Zakharova, sebagaimana diberitakan CBS pada Rabu (27/3/2019), mengatakan,”Kehadiran personel Rusia di Venezuela mengikuti aturan konstitusi negara sosialis itu. Ini juga sejalan dengan kerja sama militer kedua negara.” Sehingga, ini tidak membutuhkan persetujuan dari Majelis Nasional di Venezuela yang dikontrol oposisi.

Zakharova juga mengecam pernyataan Trump dan meminta AS untuk terlebih dulu menghormati janjinya untuk menarik pasukan dari Suriah.

Dia juga mengatakan AS meneruskan retorika agresif terhadap Venezuela dan secara terbuka mencoba melakukan kudeta. Zakharova juga menyebut kongres AS sedang menggarap cepat undang-undang untuk mengenakan sanksi kepada Venezuela dan Rusia. “Namun, Moskow sudah terbiasa dengan sanksi dan tidak lagi memperhatikannya,” kata dia.

Baca juga: Trump Desak Rusia Akhiri Dukungan kepada Pemimpin Venezuela

Zakharova juga menekankan Venezuela adalah negara berdaulat dan anggota PBB. Sehingga, negara itu memiliki kedaulatan setara dengan AS. “Kami ingin mengingatkan para politisi AS bahwa mereka hidup di abad 21 dan bukan di abad 19,” kata dia.

Presiden Trump, yang menerima istri dari tokoh oposisi Juan Guaido, mengatakan kepada media di Ruang Oval, Gedung Putih, Amerika, bahwa Rusia harus keluar dari Venezuela. “Semua opsi terbuka untuk membuat itu terjadi,” katanya. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Tiga Orang Luka-Luka karena Ledakan Bom di Kantor Polisi China

Tiga Orang Luka-Luka karena Ledakan Bom di Kantor Polisi China

Shenyang – Sebanyak tiga orang terluka dalam insiden ledakan bom rakitan di sebuah kantor polisi ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135