Home > Gaya Hidup > Tips > 8 Kesalahan Ketika Menggunakan AC

8 Kesalahan Ketika Menggunakan AC

Jakarta – Air Conditioner (AC)merupakan salah satu jenis pendingin ruangan yang sangat membantu di saat cuaca panas. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat menggunakannya dalam keseharian.

8 Kesalahan Ketika Menggunakan AC

Apa sajakah? Berikut pembahasannya:

1. Tidak membersihkan atau mengganti filter
Normalnya, penggantian filter pada unit AC dilakukan tiga bulan sekali. Filter yang kotor dapat membuat aliran udara kotor atau pembekuan pada bagian dalam AC. Selain itu, filter yang kotor bisa menambah jumlah tagihan biaya antara 5-15 persen dan memperpendek usia AC.

2. Tidak dibersihkan secara teratur
Membersihkan bagian kumparan dan kipas AC, sekitar setahun sekali, adalah hal yang penting untuk menjaga sistem kerja alat tetap efisien.

3. Tidak memprogram pengatur suhu
Pengatur suhu yang diprogram secara otomatis bisa membuat tagihan listrik berkurang. Selain itu, bila mengatur suhu dengan tingkat yang semakin tinggi, Anda bisa menghemat tagihan listrik hingga tiga persen.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tubuh manusia mampu beradaptasi dengan suhu secara cepat, sekitar satu hingga dua minggu. Jadi, meskipun awalnya kepanasan karena suhu AC dinaikkan, Anda akan terbiasa dan biaya pun lebih hemat.

4. Tidak menggunakan kipas
Sebenarnya, alat pendingin ruangan tak hanya AC, tapi juga kipas angin. Namun orang lebih senang menggunakan AC. Padahal kipas angin juga bisa digunakan untuk menyejukkan ruangan.

5. Salah posisi pengatur suhu dan ventilasi
Peletakan AC yang berdekatan dengan lampu dapat membuat pencahayaan berkurang dan merusak AC meskipun suhunya tetap dingin.

“Anda terkadang tak menyadarinya karena terlalu sibuk bekerja, terutama di siang hari,” ujar James Braun, profesor teknik dan direktur Pusat Bangunan Berkinerja Tinggi di Purdue University.

Selain itu, menghalangi ventilasi dengan kornain juga dapat membatasi sirkulasi udara.

6. AC tetap menyala di ruangan kosong
Banyak AC yang dibiarkan menyala di ruangan agar udara tetap sejuk yang terkesan sia-sia. Lebih baik matikan AC di ruang kosong dan tutuplah jendela atau pintu jikaAC menyala.

7. Tidak memakai korden
Sinar matahari adalah musuh AC. Oleh karena itu, pasanglah korden di jendela sehingga dapat menghalangi AC terpapar sinar matahari. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Atasi Tumit Kaki Pecah-pecah Dengan Langkah Berikut

Atasi Tumit Kaki Pecah-Pecah Dengan Langkah Berikut

Jakarta – Tumit kaki kerap mengalami pecah-pecah dan tentu saja merusak penampilan Anda saat menggunakan ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135