Jakarta – Jika ingin memiliki kulit wajah yang sehat, ternyata mencuci wajah memegang peranan penting. Seperti yang kita tahu, mencuci wajah sudah menjadi rutinitas wajib untuk perawatan baik untuk pria maupun wanita.

Wow, Mencuci Muka Ternyata Bisa Jaga Kulit dari Dehidrasi

Namun ada beberapa beda pendapat di kalangan ahli kecantikan, ada yang menyarankan jangan terlalu sering mencuci muka. Namun, hal berbeda disampaikan dr. Aryani Sudharmoni SpKK pada Minggu (31/3/2019).

Dia mengungkapkan bahwa mencuci wajah sebaiknya dilakukan sebanyak tiga kali sehari. Apalagi untuk mereka yang berkegiatan outdoor, mengingat Indonesia yang memiliki iklim tropis dengan kelembapan dan suhu tinggi, yang membuat tubuh mengeluarkan minyak serta keringat.

Karena kelembapan udara yang juga tinggi, minyak dan keringat pun tak bisa mengering sendiri. Ditambah jika memakai makeup dan terkena debu, kotoran yang menempel pun bertambah variasinya. Hal tersebut kalau dibiarkan terus-menerus bisa menyebabkan iritasi kulit.

Tanda-tanda terjadi iritasi pada kulit di antaranya, kulit menjadi kemerahan, pori-pori kulit membengkak dan tersumbat, hingga akhirnya rentan timbul jerawat.

Karena itu, mencuci wajah memegang peranan sangat penting. Setidaknya untuk yang berkegiatan aktif dan outdoor untuk mencuci wajah pada pagi, siang, dan malam hari. (Tita Yanuantari – harianindo.com)