Home > Gaya Hidup > Tips > Atasi Tumit Kaki Pecah-Pecah Dengan Langkah Berikut

Atasi Tumit Kaki Pecah-Pecah Dengan Langkah Berikut

Jakarta – Tumit kaki kerap mengalami pecah-pecah dan tentu saja merusak penampilan Anda saat menggunakan sepatu dengan bagian belakang yang terbuka.

Atasi Tumit Kaki Pecah-pecah Dengan Langkah Berikut

Tekanan pada tumit ketika Anda berdiri bisa jadi salah satu faktor pemicu tumit pecah-pecah. Selain itu, menggunakan sepatu dengan bagian belakang yang terbuka dan tidak mendukung tekanan tumit serta kulit tumit yang sangat kering bisa menyebabkan tumit pecah-pecah.

Guna mencegahnya, Anda butuh waktu tambahan untuk menjaga kelembapan bagian tumit secara rutin. Apabila retaknya sangat dalam dan terlihat adanya pendarahan juga bengkak, itu artinya Anda harus segera hubungi dokter.

Apabil tumit yang pecah-pecah masih terlihat sedikit dan tidak dalam, Anda bisa mulai merawatnya di rumah dengan beberapa cara berikut ini:

1. Lembutkan bagian yang kapalan
Menggosok kulit yang kapalan justru memperburuk retakannya. Sebaiknya, gunakan filer kaki setelah mandi atau berendam karena kulit lebih bersih dan lunak. Sikat dengan sangat lembut satu arah dan jangan terlalu menekan ke dalam.

Tujuan ini hanya untuk mengelupaskan lapisan atas kulit mati tanpa menarik kulit dari celah-celahnya. Lakukan ini setidaknya sekali dalam seminggu.

2. Melembapkan dengan benar
Pastikan gunakan pelembap kaki dengan krim, bukan lotion yang terlalu tipis. Pilih pelembap dengan formula asam laktat, atau asam salisilat dan bahan pengelupas kulit yang membantu menipiskan bagian kulit yang menebal dengan lembut dan mencegahnya muncul kembali. Pijat krim ke bagian tumit dua kali sehari.

3. Pakai kaus kaki
Setelah memakai krim kaki, sebaiknya bungkus bagian tumit dengan kaos kaki untuk menguncinya semalaman. Selain pakai kaos kaki, Anda juga bisa hanya membungkus bagian tumit dengan plastik dan kaus kaki biasa sebelum menggunakan sepatu dan alas kaki lain.

4. Pilih sepatu yang tepat
Mengenakan sepatu dengan bagian belakang yang tertutup dapat membantu menjaga tumit dari pecah-pecah. Jika Anda harus menggunakan sandal, Sutera menyarankan memilih sol yang tebal, alas sandal yang menyerap dan bentuk yang cocok dengan tumit.

Pilih sepatu yang membuat kaki Anda terhindar dari tanah sehingga kotoran tidak masuk ke celah-celah retakan kaki sehingga meminimalisir gesekan dengan alas kaki. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Inilah Beberapa Bahan yang Dapat Menghilangkan Bau Sepatu

Inilah Beberapa Bahan yang Dapat Menghilangkan Bau Sepatu

Jakarta – Kaki adalah salah satu organ tubuh yang dapat mengeluarkan aroma tidak sedap. Salah ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 409

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135