Jakarta – Partai Gerindra dan PDI Perjuangan (PDIP) diprediksi akan lolos ambang batas parlemen atau parliamentary threshold. Kedua partai itu dinilai pasti masuk karena pengaruh coattail effect.

Survei Voxpol Center : PKS dan PPP Terancam Tak Lolos

Pangi Syarwi Chaniago

“Ada dua partai formatur (pengusung kandidat capres) yang dipastikan masuk karena mendapat pengaruh coattail effect, yaitu PDIP sebesar 24,1% dan disusul Partai Gerindra 19,3%,” kata Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago saat merilis hasil survei di Gado-Gado Boplo, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (09/04/2019).

Lebih lanjut Pangi menjelaskan bahwa PDIP juga berpotensi menang dalam Pemilu 2019. Menurutnya hal itu dapat terjadi dikarenakan PDIP yang sangat menempel dengan calon presiden incumbent Jokowi dan kerja sama yang luar biasa dari seluruh komponen partainya.

Baca juga : KPU Umumkan Harta Kekayaan Capres dan Cawapres, Sandi yang Paling Tajir

“PDIP ada potensi menang karena mempunyai asosiasi kuat terhadap figur presiden incumbent Jokowi, lalu penyerentakan pemilu legislatif dan pemilu presiden 2019 (pemilu serentak) menciptakan bekerjanya struktur coattail effect, yaitu potensi tergiringnya suara pemilih capres terkuat untuk memilih partai yang diusungnya,” jelasnya.

Pangi menambahkan selain PDIP dan Partai Gerindra, masih ada lima partai lain yang juga berpotensi lolos ke parlemen saat Pemilu 2019. Kelima partai tersebut adalah Partai Golkar 9,5%, PKB 6,1%, Demokrat 5,7%, NasDem 4,3%, dan PAN 4,1%.

Namun sayangnya, kata Pangi, PKS, PPP, dan Perindosaat ini berada dalam kondisi terancam tak lolos. Namun, menurutnya, masih ada harapan selama mereka dapat merebut undecided voters yang saat ini menunjukkan angka 14,9%.

“Tiga partai ini terancam crashed dari parlemen jika tidak mampu merebut hati undecided voters,” pungkas Pangi.
(Muspri-harianindo.com)