Jakarta – Beredar di media sosial, video mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang terlihat memarahi seorang Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) di Osaka, Jepang, saat pencoblosan Pemilu 2019.

Beredar Viral, Video Ahok Marah-Marah di Osaka Saat Pencoblosan

Dalam video tersebut, Ahok protes karena gilirannya untuk mencoblos justru didahului oleh WNI lain yang belum masuk dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

“Tadi kan kesannya walaupun saya di nomor 8, kalau ini duluan kertas suara habis saya hilang hak suara saya,” ucap Ahok dalam video tersebut.

“Semua bisa begitu pak,” timpal seorang warga.

“Itu buat yang belum terdaftar pak, saya terdaftar pak, beda. Layanin yang punya ini dulu, baru mereka,” ucap Ahok dengan nada tinggi.

Seperti diketahui, musim sakura di Jepang membuat banyak WNI yang melakukan pencoblosan di Jepang sambil menikmati liburan.

Di Tokyo, Jepang, antrian para pemilih terlihat mengular sejak pukul 08.30 pagi waktu setempat. Gerbang TPS ditutup pada pukul 19.00, namun bagi WNI yang sudah mengantri untuk pemungutan suara tetap dilayani. Antrian panjang masih terlihat pada pukul 20.45.

Untuk menjaga keamanan, pihak kepolisian setempat juga terlihat berjaga di lokasi pemungutan suara.
(samsularifin – harianindo.com)