Jakarta – Tim riset Evello dinilai banyak pihak cukup berani usai mengatakan bahwa Pilpres 2019 sudah berakhir. Kesimpulan tersebut tentu cukup menjadi polemik karena diungkapkan di tengah pembentukan opini besar-besaran oleh sejumlah lembaga survei dari istana: Kemenangan Jokowi sudah tidak terbendung.

Riset Big Data, Evello Prediksi Prabowo-Sandi Menang 55,872 Persen

Berdasarkan riset big data yang dikumpulkan melalui media online dan medsos antara lain facebook, google, twitter, dan youtube (6-13 April), Evello memprediksi pasangan Jokowi-Ma’ruf akan memperoleh suara 44,128 persen, dan Prabowo-Sandi 55,872 persen.

Jika melihat dari riset sebelumnya, dimana Evello riset big data yang dilakukan oleh Menara Digital pada periode 11-24 Maret juga menghasilkan angka yang sama. Pasangan Jokowi-Ma’ruf memperoleh 44,4 persen dan Prabowo-Sandi 55,6 persen. Angkanya nyaris sama dengan hanya selisih 0 sekian persen.

Riset menggunakan percakapan di medsos untuk memprediksi hasil pilpres, sesungguhnya bukan hal yang baru. Pada Pilpres 2014 Politica Wave juga dengan akurat memprediksi kemenangan Jokowi-Jusuf Kalla.

Dari pemantauan percakapan di medsos Poltica Wave memprediksi Jokowi-JK 53,8 persen dan Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa 46,2 persen. Hasil perhitungan akhir KPU Jokowi-JK 53,15 persen, Prabowo-Hatta 46,85 persen.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)