Jakarta – Dalam masa tenang ini, Ma’ruf Amin memilih untuk menggelar pengajian di kediamannya. Selain keluarga inti, pengajian itu juga dihadiri artis Raffi Ahmad dan istri Nagita Slavina, yang merupakan teman akrab menantu Ma’ruf, Rapsel Ali.

Raffi Ahmad Hadiri Pengajian di Kediaman Ma'ruf Amin

Dalam pengajian tersebut, Raffi Ahmad sempat bertanya bagaimana cara seorang lelaki bisa menjadi suami yang lebih baik bagi istrinya.

Ma’ruf pun menjawab, “Misalnya masak keasinan. Jangan langsung marah. Katakan saja, ‘Oh iya mungkin lupa, sehingga garam kebanyakan’. Kalau tak saling pengertian, kan, ‘ini masak keasinan, pengin cari suami lagi ya?’ Kan, bertengkar jadinya,”

“Maka mintalah ke Allah kehidupan harmonis, rahmah, kasih sayang dan saling pengertian. Itu modal utama. Kalau tidak takkan rukun,” tambahnya.

Kunci yang kedua adalah rezeki yang halal dan banyak. Semuanya bisa dimintakan kepada Allah lewat salat hajat dan salat dhuha.

Lalu, jika diberikan anak, maka anak-anaknya harus dijaga. Sebab, Allah sudah menyampaikan, ‘Hendaknya mereka harus khawatir meninggalkan anak cucu yang lemah’.

Kemudian gantian, Nagita Slavina ikut bertanya cara membangun romantisme antara suami dan istri agar keluarga lebih berkah. Menjawabnya, Ma’ruf kembali menekankan kunci saling mencintai, menyayangi, dan memahami.

“Yakni ‘wahai yang pipinya kemerah-merahan. Maka suami, panggilah istrimu dengan panggilan menyenangkan. Jangan, ‘gembrot lu’, ceking lu’. Itu tak menyenangkan,” tutur Ma’ruf.

“Istri ke suami juga begitu. Jangan ‘bapaknya anak-anak’. Jadi, carilah yang kira-kira menyenangkan. Terkecuali pasangannya sudah tua. Kalau masih muda, carilah sesuatu yang menyenangkan,” ia melanjutkan.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)