Austin – Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, gagal memulai balapan MotoGP Amerika Serikat 2019 dari posisi terdepan. Pembalap berpaspor Spanyol itu akan memulai balapan dari posisi enam.

Vinales Beberkan Masalah Utama YZR-M1

Vinales

Vinales punya alasan sendiri kenapa dirinya gagal mendapatkan pole position saat kualifikasi. Vinales menyebut angin di Circuit of The Americas (COTA) menjadi musuh utama dari motor Yamaha, YZR-M1.

Angin yang kencang membuat Vinales kesulitan dalam mengendalikan YZR-M1 yang agresif. Kesulitan terbesar yang dirasakan Vinales ialah saat berada di tikungan. Kondisi itu membuat Vinales tak mampu mendorong motornya jadi lebih cepat untuk mendapatkan posisi lebih baik.

Meskipun begitu, Vinales menjadikan pengalaman tersebut sebagai pembelajaran untuknya. Vinales pun berharap angin tak akan jadi penghalang baginya untuk meraih hasil maksimal di MotoGP Amerika Serikat 2019 yang akan berlangsung pada Senin 15 April 2019, dini hari WIB.

Sangat sulit di kualifikasi. Jujur, saya tidak berharap angin akan memengaruhi perilaku motor begitu banyak, sangat sulit untuk berbelok di tikungan dan motornya sangat agresif, bergerak sepanjang waktu,” ujar Vinales sebagaimana diberitakan Bikesportnews pada Selasa (16/4/2019).

“Saya tidak bisa mendorong, karena tidak merasa nyaman. Kami berharap untuk meningkat besok dan menjadi lebih baik selama balapan. Saya memiliki banyak momen menakutkan selama kualifikasi. Kami perlu belajar mulai hari ini, jadi tidak akan memiliki masalah yang sama pada hari berangin lainnya,” tutupnya. (Tita Yanuantari – harianindo.com)