Home > Gaya Hidup > Tips > Cara Ampuh Membasmi Tikus di Rumah Tanpa Racun

Cara Ampuh Membasmi Tikus di Rumah Tanpa Racun

Jakarta – Tikus merupakan salah satu hewan yang paling merepotkan bila telah masuk dan bersarang di dalam rumah atau dapur.

Cara Ampuh Membasmi Tikus di Rumah Tanpa Racun

Selain kerusakan, beberapa penyakit berbahaya pun bisa disebabkan karena tikus. Baik itu berdampak ringan bahkan hingga yang menyebabkan kematian. Maka dari itu kita harus mengusirnya.

Lantas bagaimana caranya membasmi dan mengusir tikus di rumah dengan tanpa menggunakan racun?

Memelihara Jangkrik
Mengusir tikus di rumah bisa dilakukan dengan cara memelihara hewan jangkrik, hewan ini terbukti ampuh mengusir tikus namun jangan jangkrik yang mengeluarkan suara nyaring, sebaiknya peliharalah jangkrik dengan suara tak nyaring serta jangkrik aduan. Suara yang dikeluarkan oleh jangkrik akan mengganggu pendengaran tikus, sebab tikus tak menyukai area yang ramai dan bising.

Daun Mint
Cara membasmi tikus selanjutnya yaitu dengan daun mint. Daun ini tidak hanya memiliki segudang manfaat terhadap kesehatan tubuh saja, namun daun mint ini menjadi salah satu tanaman pengusir tikus, sebab tikus amat tidak menyukai aroma daun mint.

Gunakan Kapur Barus
Tikus sangat tidak menggemari bau-bauan harum yang sangat menyengat semisal kapur barus. Dari hal tersebut kita bisa memanfaatkannya sebagai cara menangkal tikus tersebut yaitu dengan cara menggunakan kapur barus. Caranya sangat mudah hanya dengan menaruh kapur barus di tempat yang kerap dilalui ataupun didatangi tikus. Dengan demikian hewan menjengkelkan tersebut akan merasa terganggu serta akan memilih pindah. Kapur barus pengusir tikus ini bisa Anda dapatkan dengan mudah.

Soda Pop (Bom Soda)
Sebuah studi menuturkan bahwa tikus tak bisa bersendawa atau mengeluarkan sejumlah gas yang berada di dalam tubuhnya. Maka dari itulah bubuk atau cairan baking soda bisa dijadikan bahan untuk mengusir tikus.
Cara membasmi tikus dengan soda pop ini sangat mudah, yaitu hanya dengan menaruh ataupun mencampurkan baking soda ke makanan yang digemari tikus. Bayangkan, apabila makanan yang telah diberi baking soda dimakan oleh tikus, serta tak bisa mengeluarkan sejumlah gas yang berasal dari reaksi cairan soda dengan asam. Perutnya akan kembung.

Memelihara Kucing
Cara membasmi tikus rumah selanjutnya yaitu dengan memelihara kucing. Tentunya kita semua sudah tahun bahwa musuh dari tikus ialah kucing. Dengan memelihara kucing maka kemungkinan besar tempat tinggal anda akan bebas dari tikus.

Menggunakan Kulit Durian
Buah ini sangat digemari, sebab tidak hanya mempunyai rasa yang lezat, buah ini pun bisa digunakan sebagai salah satu cara mengusir tikus curut. Bagian buah durian yang dapat dipergunakan untuk membasmi tikus ialah bagian kulitnya. Potonglah kulit buah durian dan taruhlah di daerah yang kerap dilalui tikus. Duri tajam serta aromanya yang menyengat akan mengusir tikus.

Saus Cabai, Air serta Deterjen Pakaian
Cara membasmi tikus selanjutnya yaitu dengan cara mencampurkan saus cabai yang paling pedas dengan deterjen, dan larutkan ke dalam air. Taruhlah hasil campuran tersebut ke dalam botol spray. Cairan tersebut mesti selalu siap di tangan Anda, ketika tikus muncul, maka semprotkanlah dengan cairan tersebut. Maka tikus akan merasa panas. Berhati-hatilah dalam memakai serta menyimpan cairan tersebut sebab sangat berbahaya terlebih jika mengenai mata.

Menggunakan Buah Mengkudu
Apabila mempunyai buah mengkudu, maka anda bisa menggunakannya untuk mengusir tikus. Caranya sangatlah mudah, hanya dengan menghancurkan serta mencampurkannya dengan air kemudian di siramkan ke daerah yang kerap dilewati tikus. Cara seperti ini sangatlah cocok untuk diterapkan dalam mengusir tikus di sawah ataupun di gudang.

Menangkap Satu Tikus Lalu Mewarnainya
Cara membasmi tikus yang satu ini cukup unik, yakni dengan cara memanfaatkan tikus tersebut. Jika anda tak merasa jijik, tangkaplah salah satu tikus serta lumurilah tikus tersebut dengan cat warna cerah seperti orange, biru atau merah.

Setelah selesai diberi warna dan kering, lepaskanlah tikus itu. Sewaktu tikus tersebut kembali ke asalnya atau kelompoknya maka yang terjadi adalah kelompok tikus tersebut akan merasa takut serta tercerai berai.
(Tita Yanuantari – harianindo.com)

x

Check Also

Tips dan Trik Mencari Barang Hilang di Rumah

Tips dan Trik Mencari Barang Hilang di Rumah

Jakarta – Saat Anda tengah terburu-buru, Anda pun tidak memiliki waktu lagi untuk menghabiskan 10 ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 409

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135