Jakarta – Kabar mengenai Sandiaga Uno yang akan kembali menjadi wakil gubernur DKI Jakarta semakin sering diperbincangkan. Isu ini muncul usai diumumkannya hasil quick count yang menunjukkan Prabowo-Sandi gagal menjadi Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024.

Pengamat Anggap Sandiaga Turun Kasta Jika Jadi Wagub DKI Lagi

Maksumus Ramses Lolongkoe selaku Direktur Eksekutif Lembaga Analisis Politik Indonesia berpendapat bahwa tidak ada yang salah jika Sandiaga mau kembali ke kursi DKI 2. Namun, ia pesimistis jika Sandiaga mau melakukan hal tersebut.

Saat dihubungi kemarin, Ramses menuturkan bahwa “Balik lagi ke DKI itu bisa saja kalau di dorong ya, tapi apakah Sandiaga mau begitu? Bahwa dia sudah menjadi calon wakil presiden, kan artinya posisi itu kan sangat tinggi,”

“Kalau dia mau jadi wagub (lagi) artinya turun kasta dong,” tegasnya.

“Apakah dia mau turun jadi wakil gubernur lagi? Jadi menurut saya sih kayaknya itu enggak mungkin terjadi,” tutur Ramses.

Ramses melihat kalaupun Sandiaga mengambil keputusan kembali menjadi wakil Anies Baswedan, maka akan terjadi perdebatan di kedua kubu partai pengusung baik PKS maupun Gerindra.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)