Jakarta – Perut buncit selain tidak sedap dipandang mata, tentu juga membawa masalah tersendiri, seperti misalnya kesulitan bila harus jongkok, kesulitan mengikat tali sepatu, kesulitan dalam mencari pakaian atau celana yang pas, dan resiko terkena penyakit serius juga lebih besar.

Lima Cara Mudah Mengecilkan Perut Tanpa Olahraga

Karena setiap orang akan berusaha mengecilkan perutnya bila sudah terlihat makin membesar dengan melakukan olahraga intensif agar perut kembali rata. Namun bagaimana dengan Anda yang tidak mempunyai waktu untuk berolahraga karena kesibukan?

Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda jalankan untuk mengecilkan perut tanpa harus bersusah payah olahraga:

1. Hindari Gula
Gula mengandung fruktosa dan sukrosa yang hanya bisa diurai oleh liver. Bila fruktosa yang masuk terlalu banyak maka liver akan mengubahnya menjadi lemak. Namun demikian, ada juga gula yang baik yakni gula yang terkandung di dalam buah-buahan.

2. Perbanyak Konsumsi Protein
Protein bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar 80-100 kalori/hari. Sebuah studi di Denmark menyatakan bahwa protein hewani mempunyai pengaruh besar dalam mengurangi resiko perut menjadi buncit dalam jangka waktu 5 tahun. Karena itu, perbanyak unsur proten di dalam menu Anda. Protein dapat ditemukan di dalam telur, daging, ayam, susu, dll.

3. Mengurangi Karbohidrat
Kurangilah asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh. Hasil studi di Denmark menunjukkan, karbohidrat olahan ( roti putih, beras putih, tepung, pasta) menyebabkan kenaikan jumlah lemak di perut. Coba kurangi jumlah asupan karbohidrat baik olahan ataupun bukan olahan hingga 50 gram/hari. Dengan mengurangi asupan karbohidrat hingga 50 gram/hari maka tubuh anda akan mengalami fase ketosis, yaitu fase dimana tubuh akan menggunakan sumber energi internal (lemak) karena tidak mendapatkan asupan dari makanan luar.

4. Mengkonsumsi Makanan Berserat
Serat merupakan salah satu makanan yang paling mudah dicerna. Namun tidak semua jenis serat dapat membantu mengecilkan perut. Serat yang paling berguna adalah jenis serat kental (viscous fiber). Serat jenis ini akan menyerap air dalam tubuh dan membentuknya menjadi gel di dalam pencernaan. Gel ini akan memperlambat proses lewatnya makanan di saluran pencernaan sehingga membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

5. Mengkonsumsi Banyak Air Putih
Mengkonsumsi air putih sangat bermanfaat untuk mengecilkan perut dan menurunkan berat badan. Karena minum 2 liter air (8 gelas) per hari bisa membakar 96 kalori/hari.

Itulah lima tips yang dapat Anda lakukan untuk mengecilkan perut. Kombinasikan dengan berolahraga bila ingin hasil yang lebih cepat.
(Tita Yanuantari – harianindo.com)