Jakaarta – Kerusuhan saat demo buruh kemarin ternyata juga terjadi Bandung. Dalam aksi kemarin, polisi sempat kejar-kejaran dengan massa yang mengenakan pakaian hitam-hitam. Kabar terbaru bahkan mengatakan bahwa sempat ada dua jurnalis foto diduga mendapat intimidasi dan kekerasan dari polisi saat mengambil gambar.

Peringatan Hari Buruh di Bandung Diwarnai Kericuhan

Dua korban tersebut ialah fotografer Tempo Prima Mulia dan jurnalis lepas Iqbal Kusumadireza (Reza). Saat itu keduanya tengah meliput pergerakan buruh yang akan melakukan aksi di Gedung Sate.

Lebih tepatnya, saat tiba di Jalan Singaperbangsa, Prima dan Reza melihat ada keributan antara polisi dengan massa yang didominasi berbaju hitam-hitam. Massa baju hitam terlihat dipukuli polisi. Keduanya ingin mengabadikan momen tersebut.

Saat mengambil gambar, Reza tiba-tiba dipiting oleh seorang anggota polisi yang diduga satuan Tim Prabu Polrestabes Bandung. Petugas tersebut menanyakan identitas dan menghapus foto di kamera Reza.

“Sebelum kamera diambil juga udah ditendang-tendang. Saya memepertahankan kamera saya. Sambil bilang saya jurnalis,” kata Reza melalui siaran pers AJI Bandung kemarin.

“Saya ditangkap 3 org polisi preman sambil ngancam dan minta gambar dihapus. Dari situ Saya liat Reza mengalami kekerasan fisik dan didorong sampai jatuh. Semua file foto dihapus,” kata Prima.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)