Jakarta – Gembong Warsono selaku Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta ikut komentari pernyataan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang membandingkan kinerjanya dengan mantan Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam mengatasi banjir di Jakarta.

PDIP Menilai Anies Seharusnya Berterima Kasih Ke Ahok Soal Penanganan Banjir

Gembong menilai Anies tidak pantas membandingkan banjir 2015 dengan banjir yang kemarin. Sebab, tipe banjir yang terjadi kemarin itu, berbeda dengan banjir tahun 2015 kala Ahok menjabat. Malah seharusnya Anies berterima kasih kepada Ahok.

“Kalau dibandingkan, tipe pertama kan kiriman, dibandingkan dengan banjir lokal dan kiriman dan rob kan nggak ketemu juga, jadi harus membandingkan apple to apple dalam konteks ini. 2015 itu adalah banjir yang emang terjadi tipe 4, banjir lokal iya, banjir kiriman iya, robnya juga,” kata Gembong kepada wartawan, Kamis (1/5/2019).

“Kalau mau banding-bandingkan nanti beliau tersinggung juga, kan gitu. Nggak perlulah (bandingin), saya pikir kita harus arif ketika ada orang yang memberi masukan ya terima kasih saja, apa yang bisa kita lakukan untuk perbaikan itu. Saya kira akan jauh lebih baik daripada saling menuding kesalahan orang,” jelasnya.

“Konsep penanganan banjir selama 2 tahun tidak jelas, kan kita sampai hari ini, kita masih berkutat pada soal normalisasi atau naturalisasi, sehingga actionnya nggak ada. 2 tahun nggak ada action untuk itu. Contoh melanjutkan konsep sodetan dari Ciliwung ke BKT sampai hari ini kan nggak tuntas kan, bahwa nggak ada keseriusan atau pematangan konsep untuk melanjutkan program selanjutnya,” tegasnya.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)