Home > Ragam Berita > Nasional > Dinilai Bermasalah, Fadli Zon Minta Situng KPU Dihentikan Saja

Dinilai Bermasalah, Fadli Zon Minta Situng KPU Dihentikan Saja

Jakarta – Wakil Ketua DPR yang juga Waketum Gerindra, Fadli Zon, menilai Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) Komisi Pemilihan Umum (KPU) bermasalah karena banyaknya kesalahan input data. Karena itu, Fadli Zon menyarankan agar situng dihentikan saja.

Dinilai Bermasalah, Fadli Zon Minta Situng Dihentikan Saja

“Kalau pendapat saya pribadi, saya merasa bahwa situng itu memang sudah bermasalah, kalau barang yang bermasalah ya sebaiknya dihentikan,” ujar Fadli di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Jumat (3/5/2019).

Kesalahan-kesalahan yang terjadi pada Situng KPU menurut Fadli akan menimbulkan keresahan di tengah masyarakat.

“Karena ini akan menimbulkan keresahan, toh pada akhirnya yang akan menjadi hitungan itu adalah hitungan manual berjenjang,” kata Fadli.

“Jangan sampai hanya gara situng yang salah hitung ini, ini membuat masyarakat menjadi resah. Karena kesalahan-kesalahan itu juga tidak jelas, siapa yang menginput, siapa yang memperbaiki, apakah ada sanksi bagi yang salah dalam menginput itu,” jelasnya.

Fadli menambahkan, banyaknya kesalahan input data yang terjadi sebagai bentuk kecurangan yang masif.

“Bagi saya sih sebetulnya salah input itu adalah salah satu bentuk kecurangan ya, bukan kelalaian tapi kecurangan, karena salah inputnya ini cukup masif,” kata Fadli.

Namun demikian KPU menjelaskan, keputusan resmi rekapitulasi suara KPU bukan berdasarkan Situng, melainkan dari hasil penghitungan suara manual yang dilakukan secara berjenjang.

“Berbeda antara situng dan proses manual berjenjang, yang akan menjadi keputusan resmi hasil Pemilu 2019 adalah melalui mekanisme manual berjenjang,” ujar komisioner KPU Wahyu Setiawan di kantor KPU, Kamis (2/5/2019).

“Dimulai dari TPS, PPK, KPU kabupaten/kota, KPU provinsi, dan KPU RI. Saat ini sudah di tingkat kabupaten/kota,” jelas Wahyu.
(samsularifin – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Wiranto Sebut Sejumlah Nama Yang Bergabung di Tim Bantuan Bidang Hukum

Wiranto Sebut Sejumlah Nama Yang Akan Bergabung di Tim Bantuan Bidang Hukum

Jakarta – Menko Polhukam Wiranto menyebut sejumlah nama tokoh dan pakar hukum yang diharapkan bisa ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 409

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135