Jakarta – Sepatu yang sering terkena air, jarang dicuci, atau jarang dijemur akan menimbulkan bau yang tidak sedap yang tentu saja membuat kita tidak pede untuk memakainya.

Cara Mudah Hilangkan Bau Pada Sepatu

Lantas bagaimana tips untuk menghilangkan bau tidak sedap pada sepatu?

Gunakan Sabun dan Air
Insole dan tongue biasanya jadi sumber bau, gunakan sabun secukupnya dengan bilasan air sedikit. Jangan sampai basah total sepatunya jika tujuan hanya untuk menghilangkan bau. Lalu gosok menggunakan sikat kalo ada noda yang banyak seperti lumpur, tapi gunakan tangan buat membersihkan bagian dalam dan upper jika keadaan sepatu bersih dan hanya berbau saja.

Gunakan Baking Soda
Baking soda memiliki zat penetralisir bau. Caranya, pastikan sepatu dalam kondisi benar-benar kering. Masukan satu sendok baking soda kedalam sepatu atau tepat dibagian insolenya, Diamkan semalaman dan besok paginya bisa kita bersihkan baking sodanya, sepatu dijamin tidak berbau lagi.

Gunakan Parfum
Parfum bisa menjadi alternatif instan untuk hilangkan bau sepatu, walaupun menggunakan spray sepatu khusus lebih baik, tapi setidaknya jika kita buru-buru untuk menggunakan sepatunya bisa pakai parfum, semprotken ke dalam insole dan bagian tongue sepatu, kalo sempat jemur 5 menit dan sepatu sudah wangi dan tidak berbau lagi.

Gunakan Larutan Cuka
Rendam sepatu dan sole nya dalam larutan cuka. Caranya, sediakan sekitar 2 cangkir cuka untuk 8 liter air, jika terlalu banyak bisa dikurangi takarannya 1 cangkir cuka untuk 4 Liter air. Aduk dulu, biarkan rendaman selama satu jam. Agar sepatu benar-benar terendam semuanya pakai pemberat di atasnya. Setelah satu jam, angkat dan keringkan.

Gunakan Odor Eaters
Menggunakan Odor Eaters adalah alternatif yang susah susah gampang. Susahnya karena Odor Eaters masih susah ditemukan di Indonesia, sedangkan gampangnya bila memakai Odor Eaters maka bau sepatu bisa langsug diatasi.

Gunakan TeaBag atau Teh Celup
Teh Celup merupakan salah satu bahan rempah yang bisa meredam kelembaban dan menetralisir bau. Pakai saja teh celup bekas yang telah dikeringkan. Masukan satu atau dua teh celup kedalam insole sepatu, dan biarkan semalaman. Esok paginya dijamin sepatu kita segar dan terbebas dari bau.

Gunakan Dryer Sheet atau Tissue Basah
Ambil dua atau tiga helai tissue basah. Masukan kedalam insole sepatu, bisa masukan sampai dalam sepatu. Lalu diamkan setidaknya 1-2 Jam atau bisa sampai semalaman, ini untuk menyerap bakteri dan kelembaban di dalam sepatu.
(Tita Yanuantari – harianindo.com)