Jakarta – Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno meminta agar Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) diaudit, karena banyaknya laporan yang ia terima terkait kesalahan input data suara.

Dapat Laporan Banyak Kesalahan Input, Sandiaga Uno Minta Situng KPU Diaudit

“Aktivis-aktivis sudah menemukan begitu banyak permasalahan terkait data entry di situng. Oleh karena itu perlu sistem ini diaudit agar tuduhan bahwa ini berpola dan hanya menguntungkan paslon tertentu itu bisa dihindarkan,” kata Sandiaga, Senin (6/5/2019).

Sandi juga menambahkan, audit tersebut bukan karena pasangan Prabowo-Sandi kalah, namun untuk mengevaluasi proses Pemilu agar kualitasnya menjadi lebih baik.

“Karena ini bukan hanya soal kalah menang, yang melaporkan kecurangan ini dua kubu, baik di 01 atau 02. Untuk memastikan pemilu jujur adil dan kita menghadirkan pemilu yang berkualitas, sudah saatnya kita audit apa yang terjadi sampai berulang kali terjadi kesalahan data entry,” jelas Sandi.

Terkait kesalahan data entry payda Situng KPU, Komisioner KPU Wahyu Setiawan sebelumnya telah menjelaskan bahwa Situng hanya alat bantu yang dipilih oleh KPU untuk memberikan informasi yang cepat terkait penghitungan suara kepada masyarakat.

Bila ada kesalahan, maka itu karena human error, bukan soal kecurangan. KPU juga meminta masyarakat untuk ikut mengawasi Situng bila ada kesalahan data.
(samsularifin – harianindo.com)