Home > Ragam Berita > Nasional > Jokowi-Ma’ruf Unggul 63 Persen di Bangka Belitung, Saksi Prabowo-Sandi Tolak Tanda Tangan

Jokowi-Ma’ruf Unggul 63 Persen di Bangka Belitung, Saksi Prabowo-Sandi Tolak Tanda Tangan

Pangkalpinang – Rapat Pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Bangka Belitung menetapkan pasangan Joko Widodo – Ma’ruf Amin unggul atas pasangan Prabowo Subianto – Sandiaga Uno.

Jokowi-Ma’ruf Unggul 63 Persen di Bangka Belitung, Saksi Prabowo-Sandi Tolak Tanda Tangan

Menurut Ketua KPU Bangka Belitung Davitri, Jokowi-Ma’ruf meraih 495.729 suara (63 persen). Sedangkan pasangan Prabowo-Sandia meraih 288.235 suara (37 persen).

“Untuk suara sah berjumlah 783.964 suara dan suara tidak sah 22.927 suara. Jadi total suara sah dan tidak sah untuk pemilihan Presiden mencapai 806.891 suara,” ujar Davitri kepada wartawan di Pangkalpinang, Rabu (8/5/2019).

Namun demikian, saksi dari pasangan Prabowo-Sandi menolak menandatangani berita acara hasil pleno KPU.

“Pada prinsipnya terkait pleno mereka bisa menerima. Tapi kata mereka, ada instruksi dari pusat agar tidak menandatangani berita acara hasil pleno pilpres di daerah,” jelas Davitri.

Saksi Prabowo-Sandi hanya menyampaikan keberatan soal temuan ketidaksesuaian data jumlah pemilih disabilitas di tingkat Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan KPU kabupaten/kota.

“Soal itu sudah kami jelaskan. Dari hasil penelusuran di kecamatan sebelum pleno, memang ada ketidaksesuaian data di kecamatan dengan di kabupaten/kota. Tapi sudah kami minta KPU kabupaten/kota lakukan pembetulan. Yang dilakukan pembetulan itu hanya data pemilih disabilitas, bukan jumlah pengguna hak pilih karena itu bisa mempengaruhi suara sah dan tidak sah,” tutur Davitri.
(samsularifin – www.harianindo.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

KPK Akan Periksa Menteri Ignasius Jonan Terkait Kasus Suap PLTU Riau-1

KPK Akan Periksa Menteri Ignasius Jonan Terkait Kasus Suap PLTU Riau-1

Jakarta – Komisi Pemberatasan Korupsi (KPK) menjadwalkan ulang pemeriksaan Menteri ESDM Ignasius Jonan sebagai saksi ...


Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 409

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/harianindo/public/wp-content/plugins/mashshare-sharebar/includes/template-functions.php on line 135