Jakarta – Mempunyai hewan peliharaan bagi sebagian orang merupakan hobi dan atau salah satu kegiatan hiburan yang dapat meredakan stress.

Trik Mensiasati Mahalnya Biaya Hewan Peliharaan

Di Indonesia sendiri, mempunyai hewan peliharaan tidaklah dilarang asal hewan itu bukan hewan yang dilindungi oleh undang-undang dan tidak mengganggu lingkungan di sekitarnya.

Namun demikian, memelihara hewan peliharaan juga dibutuhkan komitmen waktu dan juga biaya yang tidak murah. Lantas apa yang harus diperhatikan sebelum memutuskan untuk mempunyai hewan peliharaan?

Harga yang lumayan mahal
Seekor hewan peliharaan, apapun jenisnya, memiliki kisaran harga yang tidak murah. Mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Bahkan ada yang mencapai puluhan juta rupiah. Anda harus mempersiapkan dana itu terlebih dahulu.

Biaya pemeliharaan
Memutuskan untuk memelihara hewan peliharaan tentunya juga harus memikirkan dimana mereka akan ditempatkan dan berapa biaya harga makanan mereka setiap minggu atau bulannya. Tentunya akan tidak pantas bila kita membeli hewan itu lantas tidak terjamin gizinya sehingga menjadi sakit, bahkan mati.

Meredakan Stres
Salah satu tujuan seseorang memelihara hewan peliharaan adalah sebagai hiburan yang dapat meredakan stress dengan mengajaknya jalan-jalan atau berolahraga, seperti anjing dan kucing.

Meskipun tidak mempunyai akal layaknya manusia, namun beberapa riset membuktikan bahwa hewan peliharaan mempunyai kesetiaan yang tinggi kepada tuannya. Mereka juga bisa membedakan mana orang yang memang senang dengan mereka mana yang tidak. Pengenalan ini sama seperti halnya hewan yang dianggap musuhnya, predatornya, atau makanannya.

Hobi
Selain sebagai hiburan, bagi sebagian orang memelihara hewan adalah hobinya. Dan ini tentu saja akan membutuhkan dana yang lebih besar kalau hewan peliharaan sudah dijadikan sebagai hobi.

Dokter hewan
Memelihara hewan peliharaan juga harus memperhatikan kesehatannya, karena layaknya manusia mereka juga bisa sakit bila ada masalah dengan pencernaannya atau tidak cocok dengan udaranya. Tentu saja mereka juga membutuhkan dokter hewan untuk menyembuhkan gangguan kesehatan tersebut.

Penitipan hewan
Tidak hanya dokter hewan, Anda juga harus memikirkan dimana mereka dititipkan bila Anda bepergian dalam waktu yang cukup lama dan tidak ada teman atau saudara yang bisa Anda titipi. Rata-rata jasa penitipan hewan mematok harga antara Rp 100ribu – Rp 150 ribu per malamnya.
(Tita Yanuantari – harianindo.com)