Jakarta – Bagi wanita, berat badan dan bentuk tubuh merupakan sesuatu yang selalu ia jaga untuk mendukung penampilannya. Salah satu bagian tubuh yang menjadi perhatian yaitu paha dan betis.

Berbagai cara ditempuh untuk mendapatkan bentuk paha dan betis yang proporsional dan tidak terlalu besar. Lantas bagaimana cara mudah untuk mengecilkan paha dan betis tanpa berisiko?

1. Bersepeda
Bersepeda adalah olahraga yang sangat mengasyikkan, namun sekarang ini banyak orang yang tidak memiliki sepeda. Tapi tak usah khawatir, pergilah ke Gym karena di sana akan disediakan sepeda statis jadi Anda masih dapat bersepeda meskipun tempatnya tidak berubah. Selain untuk membakar lemak di badan, bersepeda juga bisa membakar lemak di paha dan betis.

2. Jogging
Jogging adalah salah satu olahraga kardio yang sering dilakukan sebagai cara untuk mengecilkan paha dan betis secara cepat dan alami. Ketika jogging, kaki akan terus bergerak secara stabil sehingga dapat membakar lemak pada paha dan betis secara efektif.

3. Calf Raises
Pertama yang harus kamu lakukan adalah berdiri tegak dan kaki dalam keadaan rapat. Kemudian angkat badan ke atas dengan tumit sedikit terangkat. Gunakan ujung kaki sebagai pusat berat badan. Tahan gerakan ini hingga beberapa detik kemudian turunkan kembali. Lakukan hal ini beberapa kali secara rutin setiap hari.

4. Naik Turuk Tangga
Banyak orang yang menyepelekan hal ini. padahal naik turun tangga dapat mengecilkan paha dan betis secara efektif. Bagi Anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk olahraga, maka cara ini dapat menjadi pilihan.

5. Lompat Tali
Cara mengecilkan paha dan betis secara cepat dan alami lainnya adalah dengan lompat tali. Cara ini cukup sederhana untuk dilakukan, terlebih dapat secara efektif mengurangi berat badan termasuk mengecilkan paha dan betis. Lakukanlah hal ini sekitar 20 menit setiap hari.

6. Teraband Leg Curl
Pertama, kaitkan teraband pada salah satu pergelangan kaki. Kemudian berbaring dengan telungkup di matras dan letakkan kedua tangan di bawah kepala dengan posisi tertekuk. Sebelumnya, ambil nafas kemudian tekuk kaki yang diikatkan teraband ke atas secara perlahan sambil membuang nafas yang diambil tadi. Lakukan hal ini secara bergantian.

7. Walking Lunges
Posisikan tubuh secara tegak dengan kaki rapat dan tangan berada di samping badan secara lurus. Pastikan bahwa otot perut mengencang. Kemudian langkahkan kaki kanan ke depan dengan kedua lutut di tekuk seolah-olah akan terjatuh. Pastikan bahwa kaki kiri sejajar dengan lantai dan kedua kaki membentuk sudut 90°. Tangan masih berada di samping dengan lurus dan punggung dalam keadaan tegak. Kemudian bergantian kaki kiri yang maju.

8. Jump Squats
Cara ini dapat dilakukan untuk mengecilkan paha dan betis secara alami. Hal pertama yang harus dilakukan adalah berdiri tegak dengan kaki terbuka sebesar pinggul. Kemudian angkat tangan dan letakkan telapak tangan di belakang telinga. Setelah itu, tekuk kedua lutut hingga paha sejajar dengan lantai lalu berdiri tegak dengan jinjit.

9. Leg Circles
Letakkan badan dilantai dengan berbaring. Letakkan tangan di samping badan secara lurus dan tahan otot perut. Setelah itu, angkat kaki kanan dan letakkan kaki kiri dengan posisi di tekuk. Angkatlah secara memutar, dengan arah jarum jam dan melawan jarum jam kaki yang di angkat. Lakukan putaran masing-masing10 kali, kemudian bergantian dengan kaki kiri.
(Tita Yanuantari – harianindo.com)