Jakarta – Dugaan baru diungkapkan FPI mengenai adanya petisi online pembubaran FPI. Mereka menduga pihak yang menolak izin FPI adalah pendukung paslon 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

FPI Tuding Kubu 01 Yang Memprakarsai Penolakan Perpanjangan Izin

Saat dihubungi kemarin, Sugito Atmo Prawiro selaku Ketua Bantuan Hukum FPI menuturkan bahwa “Kalau saya punya dugaan yang menolak itu yang mendukung 01, jadi ini menjadi politis, bukan alasan yuridis yang masuk akal,”

“Tetapi mengenai diperpanjang atau tidak diperpanjang, itu adalah domain Kementerian Dalam Negeri. Tetapi tentunya harus ada alasan yang bisa dipertanggungjawabkan secara hukum. Ini memang layak diperpanjang atau ini tidak layak diperpanjang,” ujar Sugito.

Dia menegaskan FPI selalu mengadakan kegiatan yang sesuai dengan aturan hukum. Bagi Sugito, orang-orang yang menolak keberadaan FPI itu merupakan pihak-pihak yang menganggap organisasi pimpinan Habib Rizieq Syihab itu tidak sejalan dengan kekuasaan.

“Setahu saya FPI tetap NKRI, FPI tetap Pancasilais, FPI selama ini melakukan kegiatan sesuai dengan koridor hukum. Jadi siapa pun, yang menolak itu yang merasa tidak sejalan, karena dianggap FPI tidak sejalan apa yang diinginkan oleh kekuasaan,” ujar dia.

(Ikhsan Djuhandar – www.harianindo.com)