Jakarta – Penurunan Tarif Batas Atas (TBA) tiket pesawat yang ditetapkan pemerintah hanya berlaku untuk maskapai Garuda Indonesia dan Batik Air.

Penurunan Tarif Batas Atas Tiket Pesawat Hanya Berlaku Untuk Garuda dan Batik Air

Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, penurunan TBA hanya diberlakukan kepada maskapai full service nasional, dalam hal ini Garuda Indonesia dan Batik Air.

“Iya (Garuda dan Batik), dalam kesempatan ini saya kurangi 15% full service,” kata Budi Karya di Komplek Istana, Jakarta, Selasa (14/5/2019).

Dengan penurunan BTA bagi maskapai full service, Budi berharap tiket pesawat untuk penerbangan berbiaya murah atau low cost carrier (LCC) juga akan turun.

“Jadi kalau full service dikurangi atau dia turun, dia otomatis LCC akan turun. Jadi memang LCC ini nggak ada batas atas. Yang ada batas bawah, karena ada persaingan,” jelas Budi.

Terkait keputusan penurunan BTA sebesar 12-16 persen ini, Budi mengaku tengah mensosialisasikan kepada pihak maskapai, dan mulai berlaku pada 15 Mei 2019.

“Yang kita upayakan adalah melakukan komunikasi kepada semua stake holder. Karena Mereka ada di range batas atas dan bawah,” pungkasnya.
(samsularifin – harianindo.com)