Jakarta – Ketika sedang menurunkan berat badan, biasanya seseorang menjalankan diet rendah kalori. Jika terlalu berlebihan mengurangi asupan kalori, maka dampaknya bisa negatif bagi tubuh.

Hati-Hati, Kekurangan Kalori Dapat Berbahaya bagi Tubuh

ilustrasi

Ketika menjalankan diet rendah kalori, seseorang akan membatasi kalori harian. Artinya, ada sejumlah nutrisi yang minim didapatkan oleh tubuh.

Inilah beberapa dampaknya bisa negatif bagi tubuh:

Mual
Karena Anda tidak mendapatkan cukup nutrisi, dan sangat sangat sedikit karbohidrat serta sodium, mungkin akan mengalami gejala mual. Pada titik tertentu, Anda bisa mengalami gangguan visual sebagai akibat dari kondisi tubuh yang melemah.

Kelelahan
Karena Anda beraktivitas tanpa makan saat diet pengurangan kalori, gula darah akan turun. Akibatnya, energi Anda juga akan menurun. Mengapa ini terjadi, karena tubuh memperoleh energi melalui suplai glukosa. Glukosa menciptakan adenosine trifosfat (ATP), yang otak, otot dan hampir setiap sel lainnya dalam tubuh membutuhkan daya.

Sakit kepala
Efek samping lain dari diet rendah kalori adalah sering mengalami sakit kepala. Seperti kelelahan, sakit kepala disebabkan oleh gula darah rendah akibat kekurangan glukosa dalam aliran darah Anda. Jika Anda mengalami sakit kepala, cobalah banyak minum air putih sebelum dan sesudah berolahraga serta makan.

Sembelit
Sembelit adalah kondisi di mana Anda kurang dari 3 kali buang air besar per minggu. Karena diet rendah kalori membuat Anda makan lebih sedikit secara keseluruhan, terutama karbohidrat. Anda juga mungkin tidak mengonsumsi serat harian yang direkomendasikan dalam makanan.
(Tita Yanuantari – harianindo.com)