Jakarta – PAN kali ini dikabarkan telah melaporkan KPU Kota Surabaya ke Bawaslu. PAN menilai KPU telah tidak adil dalam tugas dan fungsinya sebagai penyelenggara pemilu.

Merasa Tidak Bersikap Adil, PAN Laporkan KPU Surabaya

Saat dikonfirmasi, Hafid Suadi selaku Ketua DPP PAN menuturkan bahwa “Kami melaporkan bahwa KPU tidak melakukan selaku penyelenggara yang adil sebagai tugas dan fungsinya bahwa dia harusnya selaku penyelenggara harus adil,”

“Berkaitan C1 awal saja sudah bermasalah. Ketika itu ada penambahan dan itu dampaknya walaupun dibuka plano tapi kenyataan tidak diberitahukan akar permasalahan di tingkat bawahnya. Sehingga apa di situ terjadi penggelembungan C1 ke DAA itu maupun di A1-nya,” terang Hafid.

“Yang jelas ke penyelenggara sama sampai tingkat bawah PPS. Karena itu ada perbuatan yang masif dan terencana ketika kita omongkan TPS itu menambahi dan itu bukan faktor kesengajaan. Terus itu kami laporan awal-awal itu buka plano tapi tidak dilakukan dengan sempurna sehingga dampaknya seperti itu,” lanjutnya.

“Saya melaporkan di Sukolilo sama Wonocolo yang berikutnya ada Gayungan dan Sukomanunggal. Dan seharusnya di dapil 3 itu PAN itu dapat (kursi) tapi karena di PAN itu (suara) stagnan nggak naik karena ada terjadi pengurangan,” tandas Hafid.

(Ikhsan Djuhandar – harianindo.com)