Jakarta – Saat membicarakan tentang kebersihan mulut, kebanyakan orang hanya terpaku pada gigi saja. Padahal, kebersihan dari mulut tidak kalah penting. Sama seperti masalah gigi, kondisi mulut yang tidak bersih dapat memicu halitosis atau yang biasa disebut dengan bau mulut.

Kurangi Bau Mulut dengan Menyikat Lidah

Membersihkan Lidah

Halitosis merupakan kondisi saat muncul bau tak sedap sewaktu udara terhembus dari hidung atau mulut seseorang. Gangguan tersebut bisa dialami siapa saja, baik wanita maupun pria, tanpa memandang usia.

“Papila atau lekukan dalam lidah yang bentuknya seperti handuk yang tak rata dapat menjadi tempat penumpukan sisa makanan,” ucap drg Felicia Melati, SpKGA dari Bamed Dental Care dalam temu media.

Salah satu cara terpraktis membersihkan lidah adalah dengan menggosoknya seperti saat sikat gigi atau menggunakan pembersih lidah (scraper).

Selain menggosok gigi dan lidah beberapa cara membersihkan mulut yang bisa dilakukan secara mandiri adalah menggunakan benang gigi (dental floss) untuk menyingkirkan sisa makanan yang terselip ataupun menempel di gigi. (Tita Yanuantari – www.harianindo.com)