Jakarta – Datangnya bulan Ramadhan merupakan bulan penuh berkah yang dinanti oleh semua Umat Islam di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Di bulan Ramadhan, semua Umat Islam berpuasa menahan lapar dan dahaga.

Hindari Kebiasaan Ini Saat Sahur dan Buka Puasa Agar Kesehatan Tetap Terjaga

Ilustrasi

Pola makan sahur dan buka puasa yang salah selama selama bulan puasa sering memicu munculnya berbagai macam gangguan kesehatan. Gangguan kesehatan yang sering kali terjadi saat bulan puasa diantaranya penyakit lambung atau maag, dehidrasi, sembelit, gangguan pencernaan, dan radang tenggorokan.

Dokter spesialis gizi klinik dari RSUD Cianjur, Julia Dewi, mengatakan bahwasanya gangguan kesehatan itu umumnya muncul akibat kesalahan pola makan saat sahur dan berbuka puasa. Julia pun memberikan beberapa tips agar terhindar dari gangguan kesehatan saat berpuasa, yaitu :

Baca juga : Tips Terhindar dari Kegemukan di Bulan Ramadhan

1. Tidur Setelah Makan Sahur
Kewajiban makan di waktu sahur mau tidak mau mengurangi waktu tidur malam sehingga setelah selesai makan sahur kebanyakan orang memilih tidur kembali. Padahal, langsung tidur setelah makan akan memicu asam lambung kembali naik ke kerongkongan dan menyebabkan radang tenggorokan.

2. Makan Terlalu Banyak Saat Berbuka
Terlalu banyak makan saat berbuka puasa bisa menyebabkan rasa begah, mual, dan muntah. Untuk menghindarinya, makanlah secara bertahap. Misalnya dibagi dua sesi, saat berbuka puasa dibuka dengan makanan ringan dan manis. Lalu baru makan makanan berat setelah shalat tarawih.

3. Kurang Makan Makanan Berserat
Kekurangan makan makanan berserat selama berpuasa dapat menyebabkan sembelit dan masalah pencernaan. Sebab serat berfungsi untuk memperbesar volume feses sehingga memperlancar buang air besar.
(Muspri-harianindo.com)