Surabaya – Pihak kepolisian Polrestabes Surabaya melakukan pemeriksaan terhadap penumpang kereta api yang akan menuju ke Jakarta di Stasiun Gubeng dan Pasar Turi, Surabaya, Jawa Timur, pada Minggu (19/5/2019).

Antisipasi Pergerakan Massa Jelang 22 Mei, Polisi Sweeping Penumpang Jurusan Jakarta

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi pergerakan massa menuju Jakarta yang diduga akan bergabung dengan massa lainnya, menjelang pengumuman hasil penghitungan suara Pemilu 2019 dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Polisi memeriksa barang bawaan penumpang dengan meminta penumpang membuka sendiri barang bawaannya, mulai dari tas hingga koper.

Menurut keterangan Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Sandi Nugroho, kegiatan pengamanan ini mengantisipasi keberangkatan warga yang akan mengikuti aksi 22 Mei di Jakarta.

“Giat ini untuk mengantisipasi kegiatan masyarakat yang mau ke Jakarta, untuk yang melaksanakan kegiatan demo-demo itu. Kita antisipasi untuk kita imbau tidak berangkat dan balik ke tempat masing-masing,” kata Sandi.

Selain itu, Sandi meminta masyarakat untuk bersabar menunggu pengumuman resmi dari KPU dan menyerahkan seluruh proses Pemilu 2019 kepada pihak yang berwenang.

“Percayakan kepada pemerintah, percayakan pada Bawaslu, percayakan pada KPU untuk melaksanakan penyelesaian akhir Pemilu,” pungkas Sandi.
(samsularifin – harianindo.com)