Le Mans – Pembalap Tim Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, gagal mencapai finis saat tampil di MotoGP Prancis 2019, pada Minggu 19 Mei 2019 malam WIB. Rekan setim Valentino Rossi itu mengalami kecelakaan saat balapan masih menyisakan 21 lap lagi dab hasil tersebut tentu bukanlah sesuatu kabar yang baik untuk Vinales.

Vinales Akui Kecewa lantaran Gagal Finis di MotoGP Prancis

Vinales

Vinales merasa sangat kecewa karena tak bisa membawa pulang satu pun poin pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Le Mans, Prancis tersebut. Padahal ia merasa sudah mendapatkan kecepatan yang ia inginkan sesaat sebelum terjatuh. Namun, ketika sedang berduel dengan Aleix Espargaro (Aprilia Gresini), Vinales justru mengalami insiden hingga harus mengakhiri balapan dengan cepat.

Menurut pandangan Vinales, kegagalannya di MotoGP Prancis 2019 dikarenakan ia sangat ingin segera berada di jajaran terdepan. Karena itu juga ia berusaha terus menekan dan hal tersebut membuat dirinya terlalu banyak mengambil risiko. Akibatnya, Vinales justru mengalami kecelakaan.

Kini, Vinales sadar mengawali balapan dari posisi agak belakang memang sangat menyulitkannya. Sebagaimana diketahui, Vinales memang mengawali balapan dari posisi ke-11 lantaran tampil sangat buruk di sesi kualifikasi. Jadi pelajaran yang dipetik Vinales dari balapan tersebut adalah ia harus tampil sangat baik di kualifikasi agar ketika race sesungguhnya berlangsung ia bisa lebih tenang.

“Jujur, saya tidak bisa melakukan apa-apa (di MotoGP Prancis 2019). Saya saat itu mencoba untuk menyalip Aleix Espargaro. Kini, saya berpikir betapa penting bagi kami untuk memahami kesalahan yang telah kami buat di akhir pekan ini, terutama pada Sabtunya dengan strategi kualifikasi,” tutur Vinales sebagaimana diberitakan laman resmi Monster Energy Yamaha pada Senin (20/5/2019).

“Ketika Anda mengawali balapan dari posisi kesebelas, insiden seperti ini terkadang kerap kali terjadi. Jadi kami perlu untuk memahami bahwa kami harus terus bekerja agar bisa terus berkembang. Jadi kami harus belajar lagi,” tutup rekan setim Valentino Rossi itu. (Tita Yanuantari – harianindo.com)