Jakarta – Perjalanan mudik yang jauh dan harus ditempuh selama berjam-jam, ditambah lagi dengan kemacetan yang pasti terjadi di sepanjang jalan, tentunya menjadi ‘penderitaan’ tersendiri bagi tubuh terutama di bagian punggung.

Tips Menghindari Sakit Punggung Saat Mudik

Karena itu, beberapa tips di bawah ini mungkin berguna untuk menghindari atau mengurangi nyeri punggung yang terjadi akibat duduk terlalu lama.

1. Posisikan Duduk Anda Senyaman Mungkin
Pastikan posisi duduk tegak lurus dengan lutut sedikit lebih tinggi dari pinggul. Kemudian punggung sejajarkan dengan bagian belakang tempat duduk.

Pastikan juga dompet, ponsel, atau apapun, tidak diletakkan di saku belakang karena dapat menyebabkan tulang belakang tidak sejajar.

2. Keluarlah dari Mobil Sebentar dan Bergeraklah
Usahakan setiap dua jam sekali untuk berhenti dan keluar dari mobil untuk beristirahat sambil menggerakkan badan sebentar, sekitar 30 menit, agar aliran darah kembali normal.

“Kalau memungkinkan keluar, keliling saja sebentar. Dengan demikian membuat aliran darah menjadi lebih baik,” ujar dr Michael Triangto, SpKO.

3. Kompres Punggung Dengan Es atau Hangatkan
Bawalah kemasan berisi es untuk mengompres bagian punggung saat mulai terasa nyeri. Atau bisa juga memberikan rasa hangat dengan menggunakan balsam atau sandaran kursi yang memiliki efek menghangatkan.

4. Bawalah Sarana Hiburan
Cobalah berkendara sambil mendengarkan musik. Untuk penumpang bisa sambil menonton film atau membaca buku. Atau bisa juga sambil bermain dengan gadget atau bermain bersama penumpang lainnya. Suasana ceria akan mengurangi rasa capek di perjalanan.
(Tita Yanuantari – harianindo.com)