Jakarta – Kebanyakan dari kita akan salah paham dan mengira bahwa kecerdasan otak atau tingkat IQ yang tinggi jadi kunci kesuksesan setiap orang. Namun nyatanya, menurut pakar ekonomi dan peraih penghargaan Nobel James Heckman, hanya 1 atau 2% perbedaan antara pendapatan orang-orang yang punya nilai IQ tinggi dan yang biasa saja.

Miliki 5 Sifat Ini, Anda Cenderung Lebih Sukses

Ilustrasi

Faktor yang menjadi pembeda mendasar dan paling besar dari orang-orang sukses dan standard adalah sifat bawaan atau kepribadiannya.

James Heckman menjelaskan dalam penelitiannya Proceedings of the National Academy of Sciences bahwa ada Big 5 personality yang dimiliki orang sukses, yaitu terdiri dari ketekunan, keuletan, perhatian terhadap detail, rajin dan disiplin diri.

James Heckman dengan timnya mengadakan analisis empat set data berbeda, termasuk nilai IQ, hasil tes standar, peringkat, dan tes kepribadian untuk ribuan orang di Inggris, Amerika Serikat (AS), dan Belanda. Hasilnya, peringkat dan tes kepribadian menjadi indikator paling besar menentukan kesuksesan finasial dibanding skor IQ.

James menjelaskan, peringkat akademik tidak hanya mencerminkan kecerdasan tapi juga apa yang disebutnya sebagai ‘keterampilan non-kognitif’, seperti ketekunan, kebiasaan belajar yang baik dan kemampuan untuk mendisiplinkan diri. Jadi keinginan dari dalam diri lah yang mendukung kesuksesanmu.

Lagipula memang tak hanya skor IQ, Anda juga butuh kecerdasan EQ untuk mendukung keberhasilan Anda. (Tita Yanuantari – harianindo.com)