Jakarta – Inhaler menjadi barang yang tak bisa dilepaskan penderita asma. Sedikit saja risiko penyebab asma muncul, biasanya penderita akan menggunakan inhaler tersebut untuk meminimalisir bahaya lebih lanjut.

Inilah Beberapa Tip untuk Meredakan Gejala Asma

Namun, penderita asma mungkin juga butuh referensi lain selain inhaler dan obat oral yang mungkin harus diminum rutin. Dilansir dari Web MD, ada beberapa pengobatan alami yang mungkin bisa dicoba penderita asma.

1. Herbal dan suplemen makanan alami.
Banyak ramuan, tumbuhan, dan suplemen yang telah digunakan untuk pengobatan asma. Karena belum ada yang secara pasti dapat membantu gejala asma, di dunia medis secara umumnya tidak disarankan. Namun, magnesium, asam lemak omega-3, dan suplemen antioksidan seperti vitamin C dan vitamin E telah melalui penelitian dan dapat digunakan untuk gejala asma. Sekali lagi, tidak cukup bukti untuk merekomendasikan terapi alami ini.

2. Yoga
Stres bisa memicu gejala asma. Latihan pernapasan yang digunakan dalam yoga dipercaya mampu membantu beberapa penderita asma untuk bisa mengendalikan pernapasan dan menghilangkan stres.

3. Diet asma
Jika Anda memiliki alergi makanan, hindari makanan yang memicu serangan alergi juga bisa membantu beberapa gejala asma.

4. Akupunktur
Beberapa penderita asma telah mencoba pengobatan ini. Mereka percaya bahwa akupunktur dapat membantu mengurangi serangan asma dan memperbaiki pernapasan.

5. Biofeedback
Belajar mengendalikan detak jantung mungkin bisa membantu Anda. Namun, cara ini masih perlu banyak penelitian untuk mengonfirmasi manfaatnya secara medis. (Tita Yanuantari – harianindo.com)