Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto mengungkapkan, siapa otak di balik rencana pembunuhan empat tokoh nasional telah diketahui identitasnya.

Wiranto Sebut Siapa Otak Rencana Pembunuhan Empat Tokoh Nasional Telah Diketahui Identitasnya

Meski demikian, Wiranto enggan untuk membeberkan ke wartawan. Ia hanya meminta untuk menunggu proses penanganannya oleh kepolisian.

“Sudah, sudah, dalangnya sudah diketahui. Ya nggak bisa (diungkapkan dari mana aktornya), nanti tunggu kepolisian saja. Tunggu, tunggu. Tunggu saja, nanti kan ada pemeriksaan,” ujar Wiranto di kantor PPATK, Jalan Ir H Juanda, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (28/5/2019).

Wiranto menambahkan, rencana pembunuhan terhadap pejabat negara bukanlah untuk yang pertama kalinya. Namun hal itu bisa digagalkan karena kesigapan dari intelijen.

“Jadi kalau rencana pembunuhan pejabat itu sejak dulu selalu ada ya. Dan kita bersyukur bahwa aparat keamanan kita cukup sigap, ya. Operasi intelijen, operasi keamanan, itu sangat cepat sekali. Dan sekarang sudah dapat diringkus kan,” kata Wiranto.

“Tim ya, baik penjual senjatanya, pemasok senjatanya, yang memerintahkan, kemudian sebagai eksekutornya, penadahnya, itu sudah ditangkap. Kita tunggu saja pemeriksaan kepolisian ya,” tambahnya.

Sebelumnya, polisi telah mengamankan enam orang tersangka terkait dugaan rencana pembunuhan terhadap empat tokoh nasional dan satu orang pimpinan lembaga swasta.

Keenam orang tersebut yakni HK alias Iwan, AZ, IF, TJ, AD, dan AF alias Fifi.
(samsularifin – www.harianindo.com)